Home >> Wisata >> Kuliner >> Kenali Ciri – Ciri Daging Domba
kenali ciri – ciri daging domba

Kenali Ciri – Ciri Daging Domba

Beritalamongan.com – Di tengah mahalnya harga daging sapi perkilonya, alternative lain untuk mengakalinya adalah menggantinya dengan daging domba. Tekstur dagingnya mungkin akan sangat berbeda, tapi soal kelezatan keduanya boleh diadu.

Cukup mudah untuk membedakan daging domba dengan daging sapi. Dilihat dari seratnya atau uratnya saja sudah jelas ketahuan. Tetapi bagaimana jika ternyata daging yang anda beli bukan daging domba melainkan daging kambing? Nah loh! Apalagi ini?

Ketika masih hidup saja, terkadang orang juga sering keliru mengatakan mana kambing mana domba. Saat dalam keadaan hidup saja, keduanya memang benar – benar sangat mirip apalagi jika sudah disembelih dan berupa daging.

Nah supaya anda tidak keliru membeli daging domba dengan daging – daging yang lain, kenali ciri – ciri daging domba dengan mudah.

Daging domba berwarna merah muda

Supaya anda tidak keliru membeli daging domba dengan daging kambing atau daging yang lain, perhatikan ciri daging domba yang pertama. Dilihat dari segi warna, daging domba berwarna merah muda. Sementara daging kambing cenderung berwarna merah tua. Perbandingkan dengan teliti supaya anda juga tidak salah ambil daging.

Serat – serat halus

Ciri – ciri daging domba selanjutnya adalah serat yang dimilikinya. Perhatikan! Daging domba memiliki serat yang lebih halus dan jaringanya lebih rapat. Tekstur daging domba jika ditekan akan terasa cukup padat.

Lemak berwarna putih

Warna lemak sangat mempengaruhi kualitas daging domba. Daging domba yang berkualitas baik memiliki lemak berwarna putih. Lemak akan menjadi berwarna kekuningan dan berbau seperti daging kambing bila terlalu lama disimpan.

Memiliki banyak lemak

Ciri yang paling umum adalah daging domba memiliki jumlah lemak yang lebih banyak terutama pada daging yang terdapat di bagian bawah kulit. Bahkan anda pun bisa melihatnya secara langsung.

Melakukan pemilihan yang teliti akan menghindarkan anda dari kesalahan saat memilih daging domba. Begitu pun jika anda menginginkan kualitas daging domba yang baik maka anda juga harus mengetahui ciri – ciri daging domba yang baik. seperti yang sudah dijelaskan tadi, daging domba kualitas baik juga bisa diketahui dari warna lemak daging tersebut. jika daging domba yang anda beli memiliki warna yang cenderung kekuning – kuningan maka daging tersebut kualitasnya sudah tidak baik lagi dan anda pun pasti tidak ingin mendapatkan atau membeli daging yang seperti itu.

Leave a Reply