Home >> Hukum Kriminal >> Merpati Narkoba Terbang ke Penjara
narcopaloma

Merpati Narkoba Terbang ke Penjara

Beritalamongan.com – Pada zaman dahulu, orang memanfaatkan kemampuan terbang merpati untuk mengirimkan surat. Mereka kemudian menyebutnya dengan merpati pos. saat ini merpati pos memang sudah tertinggal dan digantikan dengan tukang pos atau pun jasa kirim barang lain yang lebih cepat. Namun siapa yang mengira, di zaman modern ini beberapa orang ternyata masih memanfaatkan merpati pos untuk mengirimkan barang. Bukan surat yang dikirimkan melainkan narkoba.

Ya, itulah aksi yang dilakukan oleh penyelundup narkoba. Kepolisian Costa Rica yang berhasil membongkar aksi tersebut setelah mereka menangkap seekor merpati yang dimanfaatkan penyelundup narkoba untuk menyelundupkan kokain dan ganja. Namun pemanfaatan merpati untuk menyelundupkan narkoba ini bukanlah hal baru. sebelumnya mereka juga pernah membongkar aksi serupa tetapi menggunakan hewan lain seperti anjing dan juga kucing.

“pemanfaatan merpati ini bukanlah hal baru. sebelumnya para penyelundup pernah menggunakan kucing dan anjing untuk menyelundupkan narkoba ke penjara. Kini mereka memanfaatkan merpati untuk membawa barang haram tersebut dari luar,” kata Direktur Lapas Kepolisian, Paul Bertozzi.

Cara yang dilakukan oleh penyelundup narkoba tersebut cukup unik. Mereka memasangkan sebuah kantong kecil yang dilengkapi dengan resleting pada dada burung tersebut. Burung merpati itu kemudian diterbangkan ke Lembaga Pemasyarakatan La Reforma di San Rafael de Alajuela. Petugas menemukan kokain seberat 14 gram dan sejumlah ganja yang tersimpan dalam kantong tersebut. Diperkirakan, narkoba yang diterbangkan pada merpati tersebut berkisar USD 281 atau sekitar Rp 3,8 juta. Diduga burung merpati tersebut telah dilatih sebagai kurir oleh tahanan di lapas tersebut. Petugas meyakini, narkoba yang dibawa oleh merpati itu merupakan barang konsumsi pribadi tahanan.

Kementrian Peradilan dan Perdamaian Costa Rica menyebutnya narcopaloma yang artinya Merpati Narkoba. Burung merpati itu kemudian dibawa ke kebun binatang dan dikerangkeng.

Pemanfaatan merpati sebagai pembawa narkoba merupakan pengalaman pertama bagi Pemerintah Costa Rica. Namun ternyata, praktek yang sama juga pernah terjadi di Negara lain. Sebelumnya, Argentina pada tahun 2013 dan Kolombia pada tahun 2011 juga pernah mengalami kejadian serupa.

Leave a Reply