Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Inilah Resiko Melahirkan Secara Sesar
ilustrasi melahirkan secara sesar

Inilah Resiko Melahirkan Secara Sesar

Beritalamongan.com – Kelahiran buah hati Nagita Slavina dan Raffi Ahmad menjadi hits sejak kemarin. Harap – harap cemas terlihat begitu jelas di raut wajah keluarga. Meski sesekali masih terlontar canda tetapi kekhawatiran kelahiran anak pertama ini masih membenai keluarga. Apalagi sejak pembukaan satu, Gigi sapaan akrab Nagita, mengalami beberapa kali kontraksi yang membuatnya selalu kesakitan. Setelah memasuki pembukaan kedua, rasa sakit sudah tidak tertahan lagi.

Diketahui cairan ketuban pecah dan posisi bayi yang terlentang membuat pihak keluarga khawatir dengan kondisi sang jabang bayi akan keracunan. Meski sang ibu ngotot untuk melahirkan secara normal, namun pilihan sesar harus dengan berat hati ia jalankan setelah mengetahui kondisi sang buah hati. Dengan harapan yang terbaik untuk sang anak, Gigi akhirnya bersedia untuk melakukan sesar.

Melakukan sesar memang sering dipilih oleh kebanyakan orang. Bukan hanya saat dalam keadaan darurat, terkadang ibu hamil yang takut dengan rasa sakit saat melahirkan normal memilih untuk melukan operasi sesar.

Namun, tahukan anda resiko melahirkan secara sesar?

Melakukan sesar berarti melakukan pembedahan untuk mengambil bayi dari dalam perut. Tentu butuh waktu yang lebih lama bagi sang ibu untuk melakukan proses pemulihan. Selain itu masih ada beberapa resiko lain bagi ibu yang melahirkan secara sesar.

Berikut resiko besar melahirkan secara sesar:

Peradangan

Luka sayatan bisa menjadi peradangan apabila ada infeksi dari membrane yang melapisi rahim. Kondisi ini dikenal dengan endometritis. Gejala dari kondisi tersebut antara lain demam, keputihan yang berbau busuk dan yang palin parah kelainan rahim.

Pendarahan

Melakukan persalinan secara sesar memungkinkan seorang ibu kehilangan lebih banyak darah dari pada yang melakukan persalinan secara normal. Kondisi ini sering kali dialami oleh ibu yang mempunyai riwayat darah rendah atau ibu yang kehilangan banyak zat besi.

Reaksi anestesi

Ketika sudah memutuskan untuk melakukan persalinan secara sesar, dokter kemudian akan melakukan anestesi dengan memberikan obat bius kepada ibu hamil. Efek dari anestesi ini bagi yang mengalami alergi adalah rasa sakit kepala yang hebat usai sadar dari obat bius.

Darah beku

Resiko memilih melahirkan secara sesar selanjutnya adalah pembuluh darah beku yang biasa terjadi di bagian kaki atau organ panggul. Beberapa kasus bahkan terjadi pembekuan darah di area paru – paru. Kondisi tersebut sangat membahayakan dan mengancam jiwa.

Leave a Reply