Home >> Bisnis >> Pedagang Daging Ayam ikut Ngambek
giliran pedagang daging ayam yang ngambek berjualan

Pedagang Daging Ayam ikut Ngambek

Beritalamongan.com – Sudah beberapa hari harga daging sapi mengalami kenaikan. Akibat kenaikan harga yang semakin meroket, banyak penjual daging sapi yang ngambek berjualan daging lagi. Langkanya daging di pasaran membuat pemerintah bergerak untuk mencoba menstabilkan harga. Baru beberapa hari pedagang sapi kembali membuka lapaknya, kini giliran pedagang daging ayam yang ngambek berjualan.

Apa alasan pedagang ayam ngambek berjualan?

Alasan yang mendasari pedagang daging ayam ngambek berjualan adalah tingginya harga daging ayamdi tingkat distributor. Pedagang mengaku kesulita untuk menjual daging kepada konsumen. Jika harga jual terlalu tinggi maka mereka pun akan merugi ditinggal konsumen begitu pula sebaliknya. Namun sulit juga untuk menentukan harga jika dari distributornya sendiri harganya sudah tinggi.

Mahalnya harga daging ayam membuat banyak penjual daging ayam menutip lapak mereka. Seperti yang terlihat di Pasar Cikupa, Kabupaten Tangerang, banyak lapak penjual daging ayam yang kosong begitu saja. Padahal sebelumnya aktivitas di pasar tersebut ramai oleh para penjual dan pembeli.

Saefullah, salah satu penjual daging ayam, mengatakan aksi mogok berjualan tersebut merupakan bentuk protes para pedagang karena harga daging ayam yang terus naik di tingkat distributor selama dua pekan terkahir ini.

“ini merupakan bentuk protes karena harga daging ayam naik Rp 10.000 di tingkat distributor. Kami bingung menjualnya kepada konsumen,” kata Saefullah.

Sebelum mengalami kenaikan, harga ayam potong Rp 20.000 per kilo. Sementara penjual menjualnya ke konsumen dengan harga Rp 25.000 per kilogramnya. Kini harga dari distributor naik menjadi Rp 30.000.

“kami menjual daging ayam ke konsumen dengan harga Rp 25.000. kalau sekarang naik kami mau jualnya dengan harga berapa?,” kata Saefullah.

Harapanya, pemerintah supaya bisa menstabilkan kembali harga serta stok daging ayam. Tingginya harga ayam potong sekarang mengakibatkan pendapatan para pendagang daging ayam menurun drastic. Selain para pedagang, masyarakat khususnya mereka yang bergerak dalam bidang kuliner juga terkena imbasnya. Harga yang terlalu tinggi juga akan membuat mereka kesulitan menjual makanan kepada para pelanggan yang setiap hari mampir ke tempat mereka.

Leave a Reply