Home >> Olahraga >> Barca Dilumat Bilbao Empat Gol Tanpa Balas
gol Aritz Aduriz

Barca Dilumat Bilbao Empat Gol Tanpa Balas

Beritalamongan.com – Hasil yang sangat mengejutkan terjadi dalam pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol. Barcelona dilumat Athletic Bilbao tim tuan rumah dengan empat gol tak berbalas. Laga yang digelar di stadion San Mames, Sabtu (15 / 8 / 2015) dini hari tadi menjadi saksi keganasan striker veteran Bilbao, Aritz Aduriz. Hatrrick Arits Aduriz mampu membawa Los Leones satu langkah menuju juara.

Barcelona yang masih belum bisa diperkuat oleh Neymar tidak bisa melengkapi kekuatan trisula maut mereka. Luis Enrique kemudian menurunkan Pedro untuk menemani Messi dan Suarez di lini penyerangan.

Sejak kick off babak pertama dimulai, Barcelona bermain begitu dominan menguasai bola. Namun pada menit ke-13, Bilbao malah berhasil membuat kejutan. Penjaga gawang Barcelona, Marc Andre Ter Stegen yang berlari keluar meninggalkan sarangnya dan menghalau bola dengan kepalanya membuat bola jatuh ke pemain lawan. Dari jarak 41 meter, San Jose langsung melepaskan tendangan jarak jauh. Bola meluncur ke arah gawang Barcelona yang tidak terkawal. Tim tuan rumah pun unggul satu gol. Skor ini tidak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, Barcelona masih dominan menguasai bola. Masuknya Andres Iniesta menggantikan Rafinha membuat Barcelona semakin agresif dalam melakukan penyerangan. Hampir saja Barcelona mampu menyamakan kedudukan andaikan sepakan dari Pedro tidak mengenai mistar gawang.

Alih – alih menyamakan kedudukan, gawang Barcelona malah kembali bergetar. Pada menit ke-53, striker veteran Bilbao, Arits Aduriz berhasil menggandakan skor setelah tandukanya gagal dihentikan oleh Ter Stegen. Barcelona tertinggal 2 – 0 dari Athletic Bilbao.

Langkah Barcelona semakin berat setelah Aduriz kembali membuat gol pada menit ke-62. Memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Barcelona, pemain berusia 34 tahun itu tanpa kesulitan mencetak gol keduanya. Skor 3 – 0 membuat Messi dan kolega semakin berat mengejar deficit gol.

Menit ke-68 menjadi petaka bagi Blaugrana. Pelanggaran yang dilakukan oleh Dani Alves membuat wasit memberikan hadiah penalty untuk Bilbao. Aduriz yang melakukan eksekusi berhasil dengan mudah mengecoh Ter stegen. Hat trick yang diciptakan Aduriz sekaligus mengantarkan Bilbao unggul agregat 4 – 0 atas Barcelona. Hingga peluit panjang wasit ditiup, papan skor tidak berubah.

Dengan modal kemenangan besar ini, Bilbao bisa lebih percaya diri bermain di leg kedua Super Spanyol meski digelar di markas Barcelona, Camp Nou, pada Selasa (18 / 8 / 2015). Butuh selisih lebih dari empat gol bagi Barcelona untuk bisa menggagalkan gelar juara Bilbao yang sudah di depan mata.

Leave a Reply