Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Cara Cepat Mengatasi Mimisan
ilustrasi : mimisan

Cara Cepat Mengatasi Mimisan

Beritalamongan.com – Beberapa orang terkadang mudah sekali mengalami hidung berdarah atau mimisan tanpa dia sadari. Seperti ketika sedang beraktivitas di luar ruangan dengan udara yang dingin tiba – tiba darah langsung mengucur keluar tanpa sebab. Akan sangat menjengkelkan jika hal tersebut juga terjadi kepada anda.

Penyebab mimisan

Mimisan sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Namun apakah sebenarnyanya penyebab mimisan itu? Menurut sejumlah ahli kesehatan, penyebab mimisan antara lain alergi hidung, luka di hidung, udara dingin dan juga ketinggian.

Bagaimana cara mengatasi mimisan

Ketika anda mengalami mimisan, anda jangan keburu panic dulu. Darah yang mengucur dari dalam hidung anda bisa dihentikan. Berikut ini cara cepat mengatasi mimisan:

Cuka

Air cuka yang umumnya digunakan untuk kebutuhan dapur, menurut beberapa ahli ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan di hidung. Air cuka bisa membantu membersihkan hidung dan mengeringkan luka.

Cara mengatasi mimisan dengan air cuka sangat mudah. Cukup ambil kapas kemudian rendamdalam air cuka. Setelah itu sumbatkan kapas tersebut ke dalam lubang hidung. Biarkan beberapa menit.

Kompres dengan es

Cara umum digunakan untuk menghentikan pendarahan adalah dengan menggunakan es. Untuk menghentikan mimisan, kompres hidung menggunakan es hingga pendarahan tersebut berhenti.

Terapi uap

Terapi uap juga bisa digunakan untuk membantu menghentikan mimisan. Caranya, rebus air kemudian hirup uap dari proses perebusan tersebut. Letakan handuk di atas kepala selama anda menghirup uap panas itu.

Minyak vitamin E

Dilansir dari laman boldsky, minyak vitamin E bisa dimanfaatkan untuk membantu menghentikan pendarahan di hidung. Caranya, cukup oleskan minyak vitamin E ke dalam rongga hidung. Kemudian diamkan selama beberapa menit.

Garam

Jika dalam kondisi mendesak anda kesulitan melakukan cara – cara menghentikan mimisan seperti di atas, anda bisa memanfaatkan garam untuk mengatasinya. Cara ini termasuk cara ampuh menghentikan mimisan. Caranya, ambil satu sendok teh garam. Larutkan ke dalam air. Kemudian siram ke rongga hidung.

Mungkin bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah mimisan, anda sebaiknya melakukan pencegahan terlebih dahulu. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk rutin mengkonsumsi vitamin C atau makana yang kaya akan vitamin C. sebab, vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah pendarahan hidung. Ingat! mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Leave a Reply