Home >> Internasional >> Alat Musik Tradisional Indonesia Dipamerkan di Museum Spanyol
Museo de la Musica Etnica de Busot

Alat Musik Tradisional Indonesia Dipamerkan di Museum Spanyol

Beritalamongan.com – jika anda berkunjung ke Museo de la Musica Etnica de Busot atau Museum Musik Etnik Kota Busot di Spanyol jangan heran jika anda menemukan berbagai alat musik tradisional Indonesia seperti angklung sunda, kentong ayu, gamelan Jawa, kundu Papua dan gamelan jegog, ceng ceng, guntang, gong gayor Bali. Museum tersebut memang sengaja memamerkan berbagai alat musik tradisional dari berbagai dunia.

Selain alat musik tradisional dari Indonesia, museum tersebut juga memamerkan alat musik tradisional dari negera lain seperti Eropa, Afrika, Amerika, Australia dan beberapa Negara di Asia lainya. Alat – alat musik tersebut merupakan koleksi dari Carlos Blanco Fadol, seorang seniman suling asal Uruguay. Sosok Carlos Blanco Fadol juga sangat dekat dengan Indonesia. Dia sering berkeliling Indonesia dan mempelajari berbagai musik etnik dari berbagai daerah seperti angklung, jegong dan suling.

Menurut Alejandro Morant, Wali kota Busot, museum musik etnik di kota Busot itu secara resmi dibuka pada tanggal 4 Agustus 2015 lalu. Dibukanya museum tersebut semakin menambah daya tarik wisata kota yang setiap tahunya berhasil menarik ratusan ribu wisatawan dari bebagai dunia. Di Busot, terdapat obyek wisata menarik seperti gua kuno Cuevas del Canelobre dan juga terdapat seubah tradisi paskah yang biasanya juga dibarengi dengan festival religi selama sepekan.

Museum musik etnik tersebut juga menjadi wahana yang potensial untuk menjalin kerjasama antara KBRI Madrid dengan Pemerintah Kota Busot dalam mempromosikan budaya dan musik Indonesia kepada dunia terutama di Spanyol. KBRI Madrid juga menyetujui tawaran kerja sama pelatihan gamelan Jawa di meseum tersebut. Kota Busot sendiri mengandalkan pendapatan daerah dari investasi sector pariwisata dan kunjungan wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

Di dalam museum tersebut, pihak pengelola juga membuat suasana yang nyaman. Selain alat musik, mereka juga menambahkan manekin yang mengenakan pakaian tradisional Jawa yang terlihat sedang memainkan alat musik gamelan. Cukup menarik melihat koleksi museum yang menawarkan berbagai alat musik tradisional dari seluruh penjuru dunia.

Leave a Reply