Home >> Gaya Hidup >> Tips Sukses Interview bagi Si Pemalu
Tips Sukses Interview bagi Si Pemalu

Tips Sukses Interview bagi Si Pemalu

Beritalamongan.com – Setelah mengirimkan sejumlah surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan atau instansi, kini saat yang paling mendebarkan adalah saat interview dan berhadapan langsung dengan HRD. Bagi pribadi yang sudah dibekali dengan kepercayaan diri yang tinggi menghadapi wajah garang HRD pun tidak akan menjadi masalah, tetapi akan menjadi masalah bagi si Pemalu. Menatap mata HRD pun enggan apalagi menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Tentu itu akan menjadi masalah yang serius bagi si Pemalu.

Ketika sudah masuk dalam tahap interview, anda sebenarnya sudah melangkahkan kaki menuju karir baru. masuk interview menunjukan dokumen atau kelengkapan lamaran anda telah sukses melewati tahap seleksi awal.

Saat berhadapan dengan HRD inilah anda seharusnya menunukan kualifikasi yang anda miliki supaya anda bisa lolos tahap seleksi dan mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Terkadang saat interview, HRD suka memancing anda untuk menceritakan tentang diri anda. Jika anda terlalu malu untuk menceritakan diri anda maka anda pun telah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Berikut ini tips sukses interview bagi si Pemalu:

Siap

Saat anda memutuskan untuk mengirim lamaran kerja ke suatu perusahaan atau sebuah instansi itu artinya anda pun juga harus siap untuk menjalani berbagai tahap seleksi ketat yang akan dilakukan termasuk saat masuk tahap interview.

Selain mempersiapkan mental untuk masuk ruang interview, anda juga harus memiliki pengetahuan terkait perusahaan dan posisi yang kamu inginkan. Sebab, beberapa hal terkait perusahaan dan posisi pekerjaan sering disebutkan saat interview. Jika anda sudah memiliki referensi yang cukup maka anda pun tidak akan mengalami kesulitan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan kepada anda. Kesiapan jawaban akan membantu kepercayaan diri anda untuk mengalahkan rasa malu dalam diri anda.

Berlatih wawancara

Jika anda belum begitus siap, mungkin anda bisa mencoba berlatih dahulu. Buatlah suasana seakan anda sedang berada dalam ruangan interview. Mintalah bantuan dari orang lain untuk membantu latihan anda. Biarkan mereka juga memberikan komentar tentang penampilan anda selama proses latihan tersebut.

Perbaiki kesalahan

Berada di bawah tekanan selama proses interview terkadang membuat anda gugup dan salah memberikan jawaban. Tidak masalah jika anda mengalami hal tersebut. Tetapi jika anda menyadari telah melakukan kesalahan atau memberikan jawaban yang kurang tepat, perbaiki jawaban anda. Dan ingat tetap tenang dan jangan panic meski pun anda telah melakukan kesalahan. Perbaiki.

Jangan curhat

Sering kali pewawancara memancing anda untuk menceritakan seputar kehidupan anda. Silahkan ceritakan tetapi bersikaplah professional dan yang perlu diingat, interview bukanlah bagian dari curhat tetapi interview menginginkan anda menunjukan kualifikasi yang anda miliki.

Leave a Reply