Home >> Hukum Kriminal >> 500 Ekor Sapi Siap Potong Ditimbun di Tangerang
peternakan sapi

500 Ekor Sapi Siap Potong Ditimbun di Tangerang

Beritalamongan.com – Rabu kemarin (12 / 8 / 2015), Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri melakukan pengecekan ke peternakan sapi milik PT Brahman Perkasa Sentosa (BPS) yang beralamatkan di Kecamatan Sepatan, Tangerang, Banten.

“pada hari Rabu sekitar pukul 15.00 WIB, tim bergerak ke wilayah Tangerang dan melakukan pengecekan ke peternakan sapi di Sepatan, Jalan Kampung Kelor, Tangerang. Peternakan sapi tersebut diketahui milik PT Brahman Perkasa Sentosa (BPS), kata Kasubdit Industri dan Perdagangan, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Kombes Helmy Santika.

Kombes Helmy menuturkan, di peternakan tersebut terdapat 3164 ekor sapi. 500 ekor sapi di antaranya sudah memenuhi syarat untuk dijual atau dipotong. Tetapi pihak peternakan tidak melakukanya. Diduga 500 ekor sapi siap potong tersebut sengaja ditimbun oleh sang pemilik. Tempat penggemukan sapi di tangerang itu sendiri dimiliki oleh tiga orang yaitu Pudjantoro Hasan, Buntoro Hasan dan Sanko Hasan.

“petugas menemukan 3164 ekor sapi di lokasi. 500 ekor sapi diantaranya merupakan sapi yang sudah siap jual atau siap potong karena sudah memenuhi syarat. Akan tetapi hal tersebut tidak dilakukan. Sapi – sapi tersebut masih berada di dalam peternakan,” ungkap Helmy.

Dari informasi yang telah diperoleh, peternakan sapi milik PT Brahman Perkasa Sentosa (BPS) itu telah melakukan kegiatan melepas, menjual atau juga memotong sapi sejak sehari sebelum lebaran. Petugas tengah memeriksa sejumlah saksi serta tak ketinggalan pemilik peternakan tersebut.

Petugas telah memasang police line di sekitar lokasi, mengamankan data terkait keluar masuknya sapi dari peternakan tersebut.

“tindakan yang telah dilakukan adalah memasang police line, mengamankan data terkait keluar masuknya sapi,” ungkap Kombes Helmy.

Penggeledahan terhadap peternakan milik PT BPS tersebut dilakukan berdasarkan instruksi dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti terkait kelangkaan daging sapi yang terjadi akhir – akhir ini.

“atas instruksi dari Kapolri, kami langsung bergerak untuk menyikapi kelangkaan daging sapi,” kata Kadis Humas Mabes Polri, Brigjen Anton Charliyan.

Leave a Reply