Home >> Hukum Kriminal >> Pelaku Profesional Pembobol ATM
pembobolan mesin ATM BCA

Pelaku Profesional Pembobol ATM

Beritalamongan.com – Sudah kali ketiga aksi pembobolan ATM BCA menggunakan las terjadi. Kali ini aksi pembobolan ATM terjadi di ATM BCA yang berada di dalam minimarket indomaret yang ada di jalan Turangga No.17, RT.3 RW.9, kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Pelaku diduga merupakan komplotan professional sebab mereka beraksi di jalan raya yang ramai. Selain itu mereka juga terlihat dengan sangat tenang menguras isi brangkas mesin ATM.

Dari hasil olah TKP, Kompol Jaya Hardianto, Kapolsekta Lengkong mengatakan pelaku sekitar tiga orang. Aksi pembobolan ATM BCA itu terjadi sekitar pukul 04.15 WIB sampai pukul 05.25 WIB. Pada jam – jam tersebut biasanya memang kondisi sangat sepi karena tidak banyak orang yang melintas begitu dengan para petugas keamanan yang berjaga pada malam hari.

“pelaku yang berjumlah tiga orang masuk dan membawa tabung gas ukuran kecil. Mereka kemudian menguras isi brangkas ATM dengan cara mengelasnya,” kata Kompol Jaya Hardianto.

Menurut dugaanya, ketiga pelaku merupakan kelompok professional. Sebab, mereka terlihat santai walau beraksi di jalanan yang ramai. Mereka juga mengetahui titik lemah di mana harus membongkar mesin ATM tersebut.

“mereka cukup professional karena mereka tahu di mana titik lemah yang harus dibuka menggunakan las,” terangnya.

Mengenai ciri – ciri dari ketiga pelaku, Kompol Jaya Hardianto mengaku tidak mengetahui ciri yang spesifik dari para pelaku. namun aksi pembobolan mesin ATM ini bukan kali pertama ini terjadi. Sebelumnya juga pernah terjadi dua kali pembobolan mesin ATM BCA dengan modus yang sama.

“tidak ada ciri khusus dari ketiga pelaku. namun dari informasi yang diperoleh dari pihak BCA modus pengurasan uang dari brangkas ATM juga pernah terjadi tiga kali. Dua kali terjadi di Cimahi dan satu lagi terjadi di sini,” ungkapnya.

Guna penyelidikan lebih lanjut, empat orang saksi telah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian. Tim Infafis dari Polrestabes Bandung juga telah meluncur ke lokasi dan berhasil membawa sejumlah barang bukti dari dalam tempat kejadian.

Leave a Reply