Home >> Internasional >> Terancam Topan Super, Ratusan Warga di Taiwan Diungsikan
topan soudelor melanda taiwan

Terancam Topan Super, Ratusan Warga di Taiwan Diungsikan

Beritalamongan.com – Topan Soudelor diperkirakan akan melintas di Taiwan. Topan yang disebut – sebut sebagai topan terkuat di tahun ini memaksa Pemerintah Taiwan mengungsikan ratusan warganya. Kekuatan topan Soudelor diprediksi lebih kuat dari pada topan Pam yang terjadi lima bulan silam.

Pemerintah Taiwan segera mengungsikan 611 orang dari pantai timur yang merupakan tempat topan soudelor mulai mendekat. Akibat datangnya topan soulder ini, sekolah – sekolah ditutup, penerbangan dibatalkan. Begitu pun dengan jalur kereta yang masih beroperasi juga akan segera dihentikan.

Saat topan soulder mendekat, dikabarkan dua orang meninggal dunia dan satu orang hilang. Salah satu korban yang meninggal adalah seorang gadis kecil berusia delapan tahun yang terbawa ke tengah laut akibat kencangnya angin dan ombak besar.

“seorang gadis kecil meninggal dan seorang lagi menghilang setelah tersapu ombak besar,” kata juru bicara lembaga pemadam kebakaran pada Jumat (7 / 8 / 2015).

Hong Kong Observatory menyebut topan soulder sebagai super typhoon. Kecepatan topan soulder pada pekan ini sempat mencapai kecepatan tertinggi yakni 230 kilometer per jam. Tak salah menyebut topan soulder sebagai topan super setelah sebuah badai mencapai kecepatan hingga 185 kilometer per jam.

Kekuatan topan soulder saat ini mulai berkurang. Tercatat kecepatanya saat ini hanya berkisar 173 kilometer per jam. Meskipun demikian, topan soulder masih menjadi ancaman bagi Taiwan. Bencana topan besar bukan kali ini saja terjadi di Taiwan, sebelumnya negera tersebut juga pernah dilanda topan besar yaitu topan Usagi yang terjadi pada 2013 silam.

Pemerintah Taiwan segera mengevakusai ratusan warganya guna mengatisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Sikap yang diambil oleh pemerintah Taiwan ini dianggap sangat tepat. Sikap tersebut juga mencerminkan bagaiman pemerintah sangat peduli terhadap warganya dan berusaha untuk melindungi mereka.

Taiwan sudah seperti menjadi langganan topan jika melihat sejarah topan yang sering terjadi di Negara tersebut. Topan PAM yang terjadi pada lima bulan lalu membuat Vauatu luluh lantah. Topan Usagi yang terjadi pada 2013 lalu juga menjadi perhatian banyak Negara lain. Kini topan soudelor yang menjelma dengan kekuatan yang lebih besar menjadi ancaman yang serius di Negara tersebut.

Leave a Reply