Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Belanja Oleh Oleh Wisata di Bogor

Tips Belanja Oleh Oleh Wisata di Bogor

Berwisata dan oleh oleh merupakan sesuatu yang sangat berkaitan satu sama lain. Ketika seseorang berwisata tentu akan sangat identik dengan oleh oleh yang dibelinya. Setiap kita mendengar teman kita hendak pergi berwisata pun, kita juga akan mengucapkan kata yang biasa diucapkan oleh banyak orang, yakni kata “oleh oleh”. Dengan celetukan yang demikian, wisata dan oleh oleh sangat erat kaitannya. Orang yang berwisata tanpa membawa oleh oleh terkadang akan merasa wisatanya sia – sia karena tidak ada suatu barang yang dibawa untuk dijadikan bukti bahwa ia telah melakukan wisata ke suatu tempat. Tentu pernak – pernik dari daerah tujuan wisata menjadi primadona tersendiri bagi wisatawan. Padahal mungkin sebelumnya ketika berangkat berwisata, tidak ada niat untuk membeli barang – barang sebagai oleh oleh. Namun ketika sampai di tempat tujuan, oleh oleh tentu menjadi suatu hal yang wajib dibawa pulang, sehingga mengubah niat awal yang semula tak ingin membawa oleh oleh menjadi wajib membawa pulang oleh oleh. Misalnya ketika kita pergi ke Bogor, tentu oleh oleh khas Bogor menjadi daya tarik tersendiri.

Ada beberapa tips belanja oleh oleh wisata di Bogor, antara lain:

1.       Menetapkan anggaran

Menetapkan anggaran untuk membeli oleh oleh adalah hal yang sangat penting dilakukan. Dengan demikian tentu biaya yang kita keluarkan tidak akan membengkak jika anggaran yang dibuat tersebut benar – benar realistis. Terkadang banyak juga orang yang telah membuat anggaran untuk membeli oleh oleh, namun setibanya di tempat tujuan, anggaran tersebut menjadi bengkak. Hal tersebut dapat dipengaruhi berbagai macam faktor. Salah satu upaya untuk menghindari membengkaknya  anggaran adalah dengan cara memisahkan uang yang digunakan untuk membeli oleh oleh dengan uang pribadi kita. Dengan demikian uang yang kita miliki tidak akan tercampur dengan uang yang digunakan sebagai anggaran untuk membeli oleh oleh.

2.       Membuat catatan

Catatan sangatlah penting ketika kita hendak melakukan banyak hal, terutama yang berhubungan dengan uang yang agak sedikit menyulitkan kita. Catatan kecil dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghindari lupa akan suatu barang yang telah dibelinya dan untuk siapa barang tersebut dibeli. Dengan demikian, tentu sangat membantu kita ketika berbelanja oleh oleh. Dengan mencatat setiap pembelian dan untuk siapa barang dibeli, tentu akan menghindarkan kita dari membelikan oleh oleh double untuk satu orang.

3.       Menawar

Setiap membeli oleh oleh tentu akan sangat baik jika ditawar terlebih dahulu sebelum membeli. Jika kita melihat di berbagai tempat wisata, banyak sekali penjual oleh oleh yang menjual oleh oleh dengan harga yang tinggi. Oleh sebab itu, menawar barang yang hendak dibeli tentu akan sangat bermanfaat bagi kita. Dalam menawar suatu barang yang dibeli, kita dapat menawarnya dengan separoh harga terlebih dahulu. Disamping itu kita juga dapat memanfaatkan kuantitas barang yang dibeli. Semakin banyak oleh oleh dengan jenis yang sama yang dibeli tentu akan semakin murah harganya. Oleh sebab itu, kita dapat mencari teman yang membeli oleh oleh sama dengan kita agar kita mendapatkan potongan harga.

4.       Melihat estimasi waktu yang diberikan

Dengan melihat estimasi waktu yang kita miliki untuk berbelanja, tentu akan sangat bijak bagi kita. Pasalnya, jika kita membeli barang dengan estimasi waktu yang sangat singkat, tentu kita tidak dapat memilih dengan seksama. Hal tersebut tentu akan menimbulkan kerugian bagi kita ketika memaksakan untuk membeli barang walaupun waktunya sangat singkat.

Leave a Reply