Home >> Wisata >> Kuliner >> Menikmati Kuliner Legit Nasi Lengko Khas Cirebon

Menikmati Kuliner Legit Nasi Lengko Khas Cirebon

Siapa warga Jawa Barat yang tidak mengenal sajian kuliner yang satu ini, nasi lengko. Masakan yang merupakan khas dari daerah pantura (pantai utara) yakni untuk daerah sekitar Cirebon, indramayu, brebes, tegal, dan sekitarnya. Makanan yang cukup sederhana tapi nikmat ini terus disajikan oleh warga di sekitar pantura untuk menemani sarapan pagi ataupun makan siangnya. Kuliner yang terkenal murah dan menyehatkan ini ternyata mengandung zat gizi yang lengkap. Terkandung protein, kalori cukup, dan serat. Seluruh zat gizi ini dibungkus dalam tampilan sederhana masakan yang sering disebut “sego lengko” ini. terlebih jika anda memiliki intoleran atau pantangan terhadap daging, kuliner yang satu ini bisa menjadi panganan yang pas karena 100% non-hewani.

Racikan sederhana khas kota udang ini dikenal begitu akrab oleh masyarakat sekitar karena terdiri atas bahan-bahan masakan yang cukup mudah didapatkan. Selain murah meriah, nasi lengko ini cocok dinikmati kapanpun dengan ditemani berbagai jenis minuman. Makanan yang terdiri dari nasi putih, saus kacang, ketimun, tauge, potongan kotak tahu dan tempe serta daun kucai yang biasa dinikmati dengan taburan bawang goreng renyah dan harum ditambah dengan kecap manis. Sajian yang enak dinikmati ketika masih panas ini bisa pula dipilih tingkat kepedasannya sesuai selera. Makanan yang membawa ciri khas Cirebon ini ternyata memiliki sedikit pengaruh dari cina oriental yang cukup kental di daerah tersebut. Seperti yang diketahui bahwa jalur pantura yang kental dengan budaya pesisir ini memang banyak mendapatkan pengaruh dari china dari zaman perdagangan dulu.

Cara pembuatan masakan nikmat dan sedap ini pun cukup mudah. Hal ini dikarenakan bahan dan bumbu yang cukup mudah didapat dan murah. Tentu saja anda juga bisa membuat sajian nasi lengko ini hasil buatan tangan di dapur milik sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan potongan dadu tahu dan tempe yang kemudian goreng dalam minyak panas. Selagi menunggu tahu dan tempe matang, anda bisa beralih untuk menyiapkan tauge rebus. Setelah semua bahan yang diolah ini matang, anda bisa menyiapkan sepiring nasi yang kemudian ditaburi tahu, tempe, tauge rebus dan mentimun yang dicacah kecil-kecil. setelah semua sayur telah tertabur, siram dengan bumbu kacang ditambah potongan daun kucai sebagai penambah selera. Anda juga bisa menyiram sajian ini dengan kecap manis encer untuk menambah rasa dan bawang goreng. Tambahkan kerupuk bawang atau udang sebagai lauk yang renyah menemani sajian lezat ini.

Masakan khas dari Cirebon ini memang sedikit mirip dengan sajian pecel madiun ataupun ketroprak jakarta. Namun dari segi kelezatan tak akan kalah dari kedua masakah tradisional tersebut. Hal ini dikarnakan nasi lengko jelas memiliki cita rasa khas tersendiri meskipun memiliki bumbu pokok yang sama yakni bumbu kacang. Terlebih lagi pembeda yang sangat jelas terdapat pada lauk tambahan berupa sate kambing yang umum disajikan menemani masakan kreatif dari nasi putih ini.

Leave a Reply