Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Serba-serbi Nasi Uduk Nusantara

Serba-serbi Nasi Uduk Nusantara

Indonesia menjadi negara dengan berjuta warisan negara. salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah kuliner. Terdapat beragam kuliner yang siap memanjakan lidah anda. Salah satu kuliner yang menjadi idola adalah nasi uduk. Sejatinya nasi yang sudah menjadi menu utama di meja makan menjadi semakin beragam dengan hadirnya varian tersebut. makanan ini sendiri sejatinya merupakan makanan khas yang berasal dari tanah Melayu yang dulunya banyak berdomisili di daerah Sumatra serta Malaysia. Seiring dengan perantauan yang menjadi tradisi dari para penduduk Melayu pada jaman dahulu, makanan khas mereka pun juga turut mewarnai perpindahan mereka terutama ke tanah Jawa.

Meskipun nasi uduk identik dengan daerah Jawa Barat terutama penduduk Betawi, namun sekarang farian nasi tersebut telah menjamur hampir di seluruh kota di Indonesia. Merujuknya daerah Jawa Barat menjadi daerah yang identik dengan nasi yang memiliki aroma wangi tersebut tak lepas dari dijadikannya daerah Jawa Barat sebagai tujuan utama para perantau dari tanah Melayu ke Jawa. Ditambah lagi dengan usaha mereka yang tidak lepas dari nasi tersebut guna menyambung nasib dengan membangun berbagai rumah makan yang menyajikan menu utama nasi tersebut. dengan berbagai lauk yang menggugah selera, tak ayal jika nasi ini dengan cepat mengambil hati para penikmat kuliner seantero tanah Jawa.

Kini nasi uduk tidak lagi menjadi makanan bagi para kalangan kelas menengah kebawah seperti pada jaman dahulu. Pada jamannya dulu, nasi jenis ini menjadi makanan khas bagi para petani yang menjadikannya sebagai makanan wajib ketika pergi ke sawah. Namun sekarang, nasi uduk berubah menjadi makanan yang menjangkau berbagai kelas sosial. Terdapat berbagai warung yang menyediakan nasi uduk guna memenuhi selera para penikmat kuliner d Indonesia. Untuk membuatnya pun tergolong gampang. Anda hanya perlu menyiapkan 3 cangkir beras yang sudah dicuci bersih, 3 lembar daun salam, 2 batang serai, 1 sendok teh garam, santan 200 ml, serta air secukupnya.

Masukkan beras ke dalam rice cooker, air serta santan lalu aduk hingga rata. Setelah tercampur dengan rata masukkan adonan sisanya lalu aduk kembali. Nyalakan rice cooker tersebut selama 20 menit atau 3/4 matang lalu aduk kembali secara perlahan hingga santan merata dan tidak menggumpal. Seteah matang, aduk dahulu lalu tutup kembali hingga nasi tanak. Nasi uduk yang sehat serta menggugah selera siap disajikan dengan berbagai lauk yang anda inginkan. anda juga bisa menjadikan nasi tersebut menjadi lahan bisnis bagi anda mengingat begitu tingginya minat para pecinta kuliner akan nasi jenis tersebut. Jadikan langkah tersebut sebagai media untuk mencari rejeki serta terus melestarikan kekayaan kuliner Nusantara yang kian tergusur oleh berbagai makanan cepat saji asal luar negeri.

Leave a Reply