Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Oleh-oleh Khas Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan

Oleh-oleh Khas Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan

Lombok adalah salah satu tujuan wisata yang terkenal dengan pantainya yang indah. Banyak sekali wisatawan asing maupun lokal yang menjadikan Lombok sebagai tujuan wisatanya. Pesona Lombok tidak kalah dengan pesona Bali. Karena memang Lombok memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain keindahan panoramanya, tempat ini juga memiliki beberapa oleh-oleh khas Lombok yang tentunya sayang untuk anda lewatkan. Oleh-oleh khas ini kebanyakan berupa makanan khas daerah setempat, tetapi ada juga yang berupa kerajinan buatan penduduk asli pulau Lombok. Oleh-oleh khas dari Lombok ini bisa anda berikan kepada teman atau keluarga yang tidak mengikuti perjalanan ke Lombok. Atau bisa juga anda gunakan dan anda konsumsi sendiri.

Salah satu oleh-oleh khas Lombok yang sayang untuk dilewatkan adalah dodol rumput laut. Hal ini tentu jarang kita temui di pulau Jawa. Karena biasanya yang sering kita temukan adalah dodol dengan rasa susu, coklat, durian, dan lain-lain. Selain memiliki rasa manis, dodol khas Lombok ini memiliki rasa yang segar dan sangat nikmat untuk dimakan. Dodol rumput laut ini dibuat dari tepung rumput laut, gula, dan campuran buah-buahan segar. Dodol ini dapat anda temukan dengan mudah di tempat penjualan oleh-oleh. Selain dodol rumput laut, ada pula makanan khas lain yang dapat dijadikan oleh-oleh yakni madu Sumbawa. Pulau Sumbawa memang dikenal sebagai salah satu penghasil madu paling baik di Indonesia. Madu Sumbawa ini dapat anda temukan dengan mudah di Lombok.

Tidak hanya oleh-oleh berupa makanan saja, oleh-oleh khas Lombok juga ada yang berupa kerajinan khas dari Lombok. Salah satunya adalah kain tenun Sasak. Kain tenun Sasak ini terkenal dengan pembuatannya yang lama dan rumit. Sehingga tidak heran kalau anda bisa menemukan kain tenun Sasak yang memiliki harga yang selangit. Harga dari kain ini ditentukan dari kerumitan motif dan kehalusan kainnya. Semakin bagus kualitas kain dan semakin rumit motif yang terdapat pada kain, maka akan semakin mahal pula harganya.

Oleh-oleh khas Lombok selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah mutiara Lombok. Mutiara Lombok memang sudah dikenal banyak orang dan merupakan salah satu ikon dari tempat ini. Anda dapat menemukan mutiara-mutiara asli dari laut di Lombok dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Selain itu, ada lagi oleh-oleh menarik yang sayang untuk dilewatkan. Yakni susu kuda liar. Susu ini terkenal dengan khasiatnya tapi sulit untuk ditemukan di tempat lain. Susu ini diambil dari kuda-kuda liar yang berkeliaran di pulau Sumbawa. Selain dapat mencegah berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh kita, susu kuda liar ini juga dikenal dapat meningkatkan stamina dan kebugaran.

Leave a Reply