Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Belanja Oleh – Oleh Wisata di Bandung

Tips Belanja Oleh – Oleh Wisata di Bandung

Berwisata merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna mengusir kejenuhan baik pikiran maupun suasana hati. Berwisata sangat diperlukan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dimana semua rasa penat akan suatu pekerjaan dan rutinitas dapat teratasi. Kita dapat memanfaatkan waktu liburan kita untuk mengunjungi suatu tempat dengan tajuk untuk berwisata. Karena memang wisata sangat penting, maka banyak orang yang memanfaatkan waktu liburannya untuk melakukan kunjungan wisata ke suatu tempat yang menyenangkan.

Selama berwisata, tentu tak dapat dipungkiri bahwa pada akhirnya kita juga akan membeli oleh – oleh di tempat wisata tersebut. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut, yakni wisata dan oleh – oleh memang tidak dapat dipisahkan. Seringkali niat kita hanya untuk wisata, dan tidak membeli oleh – oleh, namun rasanya kurang afdol jika kita pergi ke suatu tempat namun tidak membeli buah tangan khas tempat tersebut. Selain itu, seringkali setiap teman kita mendengar kita akan pergi ke suatu tempat entah dalam acara apapun tentu akan selalu meminta oleh – oleh walaupun mereka hanya berkata dalam konteks basa – basi, tentu kita juga akan membawakan oleh – oleh untuk mereka. Misalnya saja kita pergi ke Bandung, tentu banyak dari teman kita yang meminta oleh – oleh khas Bandung yang sangat terkenal.

Dalam membeli oleh – oleh untuk setiap kunjungan kita, tentu banyak hal yang harus kita perhatikan agar kita tidak melakukan pemborosan ketika membeli oleh – oleh di Bandung. Untuk itu ada beberapa tips belanja oleh – oleh wisata di Bandung yang dapat kita simak. Tips tersebut antara lain:

  1. 1.       Mempersiapkan anggaran

Setiap kita hendak membeli sesuatu, tentu mempersiapkan anggaran dana adalah hal yang sangat diperlukan. Begitu pula ketika kita hendak membeli oleh – oleh, kita dapat membuat rancangan anggaran untuk membeli oleh – oleh untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Hal tersebut dimaksudkan agar apa yang kita beli tidak melebihi anggaran yang kita miliki. Jika kita terlalu banyak membeli oleh – oleh tentu akan merasa sangat terbebani karena biaya yang kita keluarkan akan membengkak. Memisahkan uang yang digunakan untuk membeli oleh – oleh untuk orang lain dengan uang yang kita gunakan untuk pribadi tentu akan sangat membantu dalam menyiapkan anggaran tersebut.

  1. 2.       Mencari informasi

Setiap hendak berwisata, tentu kita akan selalu mencari informasi terlebih dahulu tentang tempat penjualan oleh – oleh dengan kualitas yang baik dan murah. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak mengeluarkan uang lebih untuk membeli barang – barang tertentu. Kita dapat mencari informasi tempat – tempat penjualan oleh – oleh khas Bandung melalui pegawai hotel tempat kita menginap atau bahkan jika ada masyarakat sekitar. Tentu informasi yang didapatkan akan lebih lengkap.

  1. 3.       Menawar harga

Tentu hal yang paling banyak dilakukan ketika kita membeli oleh – oleh adalah menawar harga oleh – oleh tersebut. Dengan demikian kita akan mendapatkan harga yang lebih murah. Menawar harga suatu barang tentu dapat dilakukan dengan santai, tanpa tergesa – gesa dalam menentukan harga. Kita dapat memulai menawar harga barang tersebut dengan separoh harga dari harga yang ditetapkan oleh penjual. Terlebih jika kita membeli dalam jumlah yang banyak, tentu harga yang kita peroleh akan semakin murah. Membeli dalam jumlah banyak bukan berarti kita harus memborong, melainkan kita dapat membeli secara gabungan atau kolektif dengan teman – teman kita yang menginginkan barang yang sama dengan yang kita inginkan.

Leave a Reply