Home >> Wisata >> Info dan Tips >> TIPS Berbelanja Di Aceh

TIPS Berbelanja Di Aceh

Berwisata ke Aceh tak lengkap rasanya, bila tidak membawa buah tangan untuk orang tercinta. Ada beragam souvenir khas Aceh yang bisa anda dapatkan. Selain itu, anda juga bisa menikmati sajian kuliner yang menggugah selera.

 

Tempat belanja suovenir khas Aceh

Berikut ini beberapa Tips Berbelanja Di Aceh, supaya anda mendapatkan berbagai macam buah tangan khas Aceh.

–          Sentra Industri Khas Aceh Samahani bisa anda datangi, bila anda ingin membeli berbagai aksesoris khas Aceh dan kerajinan tas bordir. Ratusan buah tas bordir bisa diproduksi oleh perajin lokal dalam sehari. Harga souvenir yang ditawarkan bervariasi, dari harga 5 ribu hingga 200 ribu Rupiah. Beragam kerajinan tersebut telah tersebar ke berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Medan, bahkan hingga ke luar negeri.

–          Toko Souvenir Mr.Piyoh menjual kaos Sabang yang menarik dan beragam cinderamata lainnya, seperti pin, gantungan kunci dan boneka yang didesain dengan menarik. Toko souvenir ini berada di daerah Sabang, Aceh.

–          Lhong Raya Souvenir, menjual beragam souvenis khas Aceh, seperti kopi, bross, kaos, sajadah, tas dan koleksi menarik lainnya. Harga yang dipatok di toko ini juga terbilang sangat murah. Toko souvenir ini berada di Jalan St. Malikul Saleh no.58 Sabang. Pelayanan yang ramah membuat para pengunjung senang dan menikmati acara belanja mereka.

Wisata kuliner di Aceh

Bertamasya ke Aceh tentunya tak lengkap, bila tidak menyantap sajian kuliner khas Aceh. Meskipun kuliner Aceh bisa didapatkan di daerah anda, tapi menyantapnya di daerah asal terasa lebih nikmat. Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner di Aceh yang wajib anda kunjungi.

–          Pasar Lambaro wajib anda datangi,  karena pasar tradisional ini dipenuhi dengan kedai yang menjajakan kuliner khas Aceh yang lezat. Anda bisa menikmati gule pliek u yang merupakan kuliner populer yang menggunakan 44 jenis bumbu dalam memasaknya. Selain itu, anda juga bisa menikmati sate matang, gule kepala ikan, gule ikan hiu, gule kepiting, ayam tangkap, kari ayam dan kari kambing. Ketika pagi hari anda bisa merasakan kenikmatan kue ketan bakar dan secangkir kopi. Pasar ini berlokasi di Desa Lambaro, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

–          Warung kopi Ulee Kareng dan Warung Kopi Solong merupakan tempat legendaris di daerah Banda Aceh. Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi untuk menuju tempat tersebut, seperti labi-labi, becak mesin dan taksi. Anda bisa menggunakan labi-labi dengan jurusan jurusan Ulee Kareng – Pasar Aceh.

–          Mie Aceh Razali sangat populer bagi para wisatawan. Tempatnya sangat dekat dengan Hotel Sulthan di Jalan Panglima Polem, Banda Aceh. Mie Turis yang berlokasi di Jalan T Nyak Arif, Simpang Peurada, Banda Aceh juga bisa anda kunjungi untuk menikmati citarasa mie Aceh yang lezat.

–          RM Khas Aceh Rayeuk menawarkan sajian khas Aceh yaitu ayam tangkap. Sajian kuliner ini dibuat dari ayam yang dirajang kecil dan digoreng dengan beragam bumbu rempah disertai beragam daun, seperti salam koja, daun pandan dan daun kari. Potongan cabai hijau menambah kelzatan sajian kuliner ini. Kuliner lain yang disajikan di rumah makan ini adalah dendeng sapi yang terkenal kelezatannya.

–          Canai Mamak Kuala Lumpur yang berloaksi di Jalan Teuku Umar menawarkan sajian kuliner khas Melayu, diantaranya teh tarik, nasi briyani, roti kari dan roti canai.

Leave a Reply