Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Wisata Danau Cileunca Pangalengan di Bandung Jawa Barat

Wisata Danau Cileunca Pangalengan di Bandung Jawa Barat

Sudah pernah ke danau cileunca belum? Danau cileunca atau biasa di kenal situ cileunca itu bagus nan indah loh. Jangan lupa SITU = DANAU . Jadi kalau ada orang bilang situ cileunca berarti itu adalah danau cileunca. Wisata danau cileunca itu ada di pengalengan di bandung jawa barat. Lokasi detailnya di desa warna sari , kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung , Provinsi Jawa Barat. Kalau orang bandung , sudah pasti tahu dengan danau tersebut. Danau cileunca itu berada di dalam hutan, memang awalnya itu hutan belantara dan di bangun serta di perbaiki untuk pengairan daerah tersebut. Kalau masih ingat pelajaran SD dulu, danau cileunca itu danau buatan yang tujuan di bangun untuk keperluan warga sekitar danau. Kedalaman danau tersebut hampir mencapai 17 meter , mempunyai warna air yang begitu bening. Danau yang begitu luas sekitar 1400 hektar dan airnya sangat sejuk. Dan sekitar area tersebut di sediakan penginapan, sehingga banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi danau tersebut.

Danau cileunca Pangalengan mempunyai beragam objek wisata di sekitar daerah tersebut seperti kebun stroberi dan arbei. Bagi yang suka makan stroberi atau mencari oleh oleh buah stroberi dan arbei , di sanalah pusatnya. Jangan lewatkan kesempatan tersebut. Untuk mencapai kebut tersebut agak sedikit lama dan harus menggunakan perahu. Waktu yang di perlukan sekitar 10 sampai 15 menit. Cukup lama, dan anda juga harus membayar sewa perahu tersebut sekitar 5000 rupiah perorang. Di tahun 2014, tarif perahu kemungkinan naik jadi di siapkan dana yang lebih ya. Sebenarnya ada jalur alternatif yang bisa di gunakan ,namun kondisi jalan untuk mengelilingi danau tersebut kurang bagus dan sulit di lalui dengan kendaraan biasa. Sebaiknya gunakan perahu saja. Cukup bayar sekali sampai deh di tempat wisata danau cileunca.

Dengan menggunakan perahu sama menuju ke tempat danau, anda bisa melihat lihat panorama dan keindahan alam di sekitar danau cileunca seperti gunung wayang, malabar dan windu. Selain itu anda akan di suguhi pemandangan hutan hasil peninggalan saat pembuatan situ atau danau tersebut. Jadi bisa ” SAMBIL BERENANG MINUM AIR “, sambil berlayar bisa menikmati pemandangan , enak kan? Saat sudah sampai di pinggir danau cileunca, anda belum bisa langsung menikmati buah stroberi dan arbei. Tapi anda harus berjalan lagi melewati jalan setapak di samping hutan dan perjalan semakin seru. Kalau bingung, silahkan minta petunjung pada tukang perahu yang di tumpangi supaya di beri arahan tempat kebun tersebut. Biar TIDAK NYASAR. Di kebun, stroberi di jual 30 rb per kg, kalau tahun 2014 saya kurang tahu, kalau nanti ada kenaikan harga bisa di nego.

Selain stroberi dan arbei, ada juga buah melosa yang bisa di pakai sebagai obat penyakit darah tinggi dan obat liver. Kebanyakan masyarakat di sana menyakini buah tersebut bisa mengobati penyakit darah tinggi dan liver. Harganya cukup murah 15 rb kalau belum naik. Kalau buah arbei disana lebih murah kisaran harga 2000 – 3000 rupiah dan bisa makan loh sesuka kita. Masih ada lagi yang lain loh, anda bisa memancing berbagai jenis ikan seperti ikan mas , nila, dan lain lain.

Bila ingin menginap karena belum puas menikmati keindahan danau cileunca dan sekitarnya. Disana banyak penginapan yang relatif lebih murah kisaran harga 150rbuan permalam. Kalau mau lebih murah lagi ya menginap di rumah warga setempat.

Danau cileunca sekarang ini menjadi bagian objek wisata di bandung jawa barat. Sehingga pemerintah mulai ikut dalam perbaikan wisata dan akses bus ke danau cileunca di sediakan. Kalau naik bus, bisa naik bus jurusan Pangalengan dan bisa di tempuh sampai 2,5 jam. Tiket masuknya 2500, kalau membawa mobil pribadi ada tarif parkir sekitar 3000 permobil, 1500 per motor kalau bus wisata 5000 perbus. Harga bisa berubah sewaktu waktu, jadi siapkan dana lebih jika ada kenaikan harga tersebut

Leave a Reply