Home >> Internasional >> Panas Dingin di Kawasan Timur Tengah
kawasan Timur Tengah dilanda gelombang panas

Panas Dingin di Kawasan Timur Tengah

Beritalamongan.com – di pertengahan tahun 2015 fenomena cuaca aneh terjadi di beberapa belahan dunia. Mulai dari gelombang panas yang menyebabkan ribuan nyawa melayang hingga hujan yang turun dengan tidak semestinya. kalian tentu masih ingat dengan fenomena cuaca aneh yang terjadi di papua beberapa pekan yang lalu. Di sana terjadi hujan es yang turun dengan butiran es besar yang sangat mengkhawatirkan. Bahkan sahabat kita di papua harus mencari tempat berlindung yang aman dari butiran es yang jatuh dari langit.

Fenomena cuaca aneh ternyata juga terjadi di kawasan Timur Tengah di mana di sebagian wilayahnya dilanda gelombang panas namun di sebagian wilayah yang lain malah turun hujan yang sangat deras bahkan mengakibatkan banjir.

Di sejumlah wilayah di Timur Tengah, gelombang panas sudah sangat mengkhawatirkan. Di Iran misalnya, gelombang panas mencapai 72 derajat Celcius. Di wilayah lain juga mengalami hal yang sama. Cuaca panas di Irak mencapai 51 derajat celcius, di Yordania mencapai 52 derajat celcius dan di Tunisia mencapai 48 derajat celcius.

Jika di wilayah tersebut dilanda gelombang panas, di wilayah lain di Timur Tengah malah dilanda hujan deras. Di wilayah UEA bagian utara dan di sebagian wilayah Saudi terutama di sekitar pegunungan, hujan turun dengan sangat lebat. Hujan deras ini mengakibatkan banjir bandang di wilayah tersebut.

Pada Jumat lalu, badai dan hujan deras menyebabkan banjir di sejumlah wilayah seperti di Wadi Mei, Al Hayl di Fujairah, Wadi Al Hilw di Sharjah dan Wadi Al Ojaili. Kemudian pada minggu sore, awan besar bercampur debu membuat sejumlah penerbangan di Bandara International Queen Alia di Amman tertunda. Demi keamanan dan keselamatan, penumpang terpaksa harus rela gagal berangkat tepat waktu dari pada harus melanjutkan perjalanan yang penuh dengan resiko.

Panas dingin di kawasan Timur Tengah ini merupakan salah bagian dari fenomena aneh yang terjadi akhir – akhir ini. fenomena aneh sebelumnya juga pernah terjadi yang mana kawasan gurun pasir yang seharusnya tandus dan kering malah menjadi gurun salju yang dingin dan licin.

Leave a Reply