Home >> Lamongan >> Belum Mengantongi Ijin Tapi Toko Modern ini Sudah Buka
sejumlah toko di wilayah Lamongan ada pula yang masih belum mengantongi ijin tetapi sudah bisa buka

Belum Mengantongi Ijin Tapi Toko Modern ini Sudah Buka

Beritalamongan.com – Modernisasi membuat gaya hidup masyarakat dewasa ini juga berubah. Mereka yang sebelumnya lebih senang mendatangi pasar untuk mencukupi segala kebutuhanya kini telah beralih berbelanja ke toko – toko modern yang dianggap lebih nyaman dan terjaga kebersihanya. Belum lagi mengenai produk yang mereka jual, sudah pasti lebih aman karena ada pengawasan tanggal kadaluarsanya.

Namun untuk mendirikan toko modern tersebut, pihak pengelola harus memiliki dulu sejumlah surat ijin supaya toko tersebut bisa dibuka. Akan tetapi, tidak semua toko modern tersebut tertib khususnya dalam hal perijinan. Buktinya, sejumlah toko di wilayah Lamongan ada pula yang masih belum mengantongi ijin tetapi sudah bisa buka.

Salah satu toko modern atau minimarket yang terdapat di Desa Plosowahyu belum mengantongi perijinan tetapi sudah bisa beroperasi. Begitu pula dengan kompetitor terdekatnya yang ada di pertigaan Pucuk. Meski minimarket tersebut belum mengantongi izin tetapi toko modern tersebut buka hingga di atas pukul 23.00 WIB.

Menurut Anshori, Wakil Ketua Komisi A DPRD Lamongan pada Senin kemarin (3 / 8 / 2015), “sekarang banyak mini market yang melanggar. Satpol PP dan Perijinan sudah dipanggil. Satpol PP kemudian memberikan surat teguran sesuai dengan SOP. Sementara pihak – pihak yang belum melakukan perurusan perizinan akan segera diminta untuk mengurusi perijinan dengan pihak terkait.”

Terkait dengan jam buka toko modern atau mini market yang berada di pertigaan Pucuk, toko tersebut telah melakukan pelanggaran sebab mini market dengan inisial “i” tersebut buka hingga 24 jam. Padahal aturanya toko tersebut harusnya tutup pada pukul 23.00 WIB.

Anshori menambahkan, semua toko “i” juga belum memiliki ruang terbuka hijau. Padahal ketersediaan ruang terbuka hijau telah menjadi kesepakatan sebelumnya. Anshori kemudian membandingkan dengan minimarket “A” yang telah menyediakan ruang terbuka hijau di sekitar tokonya meski hanya bunga dalam pot saja.

“dari hasil rapat sebelumnya telah disepakati jam operasional, perijinan dan ruang terbuka hijau. Minimarket “i” masih belum memenuhinya. Bahkan belum ada teguran dari Satpol PP,” kata Anshori.

Satpol PP diharap segera menegur toko modern “i” dan “A: yang melanggar sesuai SOP. Jika sudah ditegur dan masih saja melanggar maka akan diupayakan penutupan. Anshori mengungkapkan, setelah Agustus 2015 nanti pihaknya akan memanggil Satpol PP dan Perijinan.

Leave a Reply