Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Mengenal Keindahan dan Keelokan Taman Mini Indonesia Indah

Mengenal Keindahan dan Keelokan Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau bisa kita singkat menjadi TMII berlokasi di kota Jakarta, tepatnya di Jakarta Timur. TMII merupakan sebuah taman wisata yang memiliki tema budaya yang ada di Indonesia. Luas TMII adalah 150 hekatare. Di taman ini kita bisa melihat berbagai kebudayaan dan kehidupan sehari-hari dari seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Di TMII bagian tengah kita akan menemui sebuah kolam yang pada kolam itu ada miniatur kepulauan negara Republik Indonesia. Di taman ini terdapat sarana wisata yang menjadikan taman ini sebagai sarana wisata yang disukai. Sarana tersebut antara lain adalah kereta gantung, berbagai macam museum, Teater Tanah Airku, dan Teater IMAX Keong Mas.

Taman Mini Indonesia Indah adalah hasil dari ide brilian mantan almarhumah Ibu Tien Soeharto. Ide brilian beliau disampaikan pada saat diadakan pertemuan di Jalan Cendana no. 8 yang berlangsung pada tanggal 13 maret 1970. Pada waktu itu, beliau berharap dengan dibangunnya sebuah miniatur yang menggambarkan seluruh kekayaan dan keindahan dari Negara Republik Indonesia ini, akan membangkitkan semangat rakyat akan cinta dan kebanggaan terhadap tanah air. Akhirnya, ide Ibu Tien ini dimulai dengan proyek miniatur Indonesia yang waktu itu disebut “Indonesia Indah” dan ditangani oleh Yayasan Harapan Kita. Proyek pembangunan TMII dimulai pada tahun 1972, dan baru diresmikan pada tanggal 20 April 1975.

Taman Mini Indonesia Indah memiliki banyak sekali bagian, yaitu tepatnya 69 bagian. Dan dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori yang pertama adalah kategori bagian anjungan. Di sini, kita akan menemui berbagai macam corak bangunan tradisional. Letak anjungan ini berada di sekitar kolam yang terdapat miniatur kepulauan Indonesia. Anjungan dibagi menjadi 6 zona yaitu Kalimantan, Jawa, Sumatra, Nusa Tenggara dan Bali, Sulawesi, Papua serta Maluku. Tiap bangunan terdapat bangunan tradisional khas dari masing-masing wilayah. Tidak hanya bangunan, di anjungan juga terdapat berbagai macam senjata tradisional, baju pernikahan tradisional, baju tari tradisional, kerajinan tangan, perabotan tradisional dan masih banyak lagi yang menunjukkan kebudayaan suatu daerah.

Kategori selanjutnya pada bagian yang ada di Taman Mini Indonesia Indah adalah Bangunan Keagamaan. Bangunan keagamaan yang ada di sini adalah bangunan keagamaan dari agama yang diakui di Indonesia. Bangunan keagamaan yang ada di sini adalah Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katholik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa, Pura Penataran Agung Kertabhumi, Wihara Arya Dwipa Arama, Kuil Konghucu Kong Miao. Bagian ini didirikan bertujuan agar masyarakat yang ada di Indonesia mengerti dan bisa memiliki sifat saling menghormati antar umat beragama yang ada di Indonesia. Masih ada beberapa bagian lain dari TMII yaitu bagian rekreasi yang menyediakan berbagai sarana rekreasi keluarga, bagian taman yang memiliki berbagai macam flora yang ada di Indonesia serta Museum dan Bioskop.

Leave a Reply