Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tujuan Wisata Kediri Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tujuan Wisata Kediri Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Bagi anda yang sering berpergian ke daerah Jawa Timur tentu saja akrab dengan Kediri. Hal tersebut tidak lepas dari Kediri yang menjadi daerah perlintasan bagi mereka yang hendak menuju berbagai kota besar di Jawa Timur terutama Malang. Namun tidak jarang Kediri menjadi jalur alternative bagi mereka yang hendak menuju berbagai daerah lainnya seperti Ponorogo, Blitar, maupun Trenggalek. Selain menjadi jalur alternative para pemudik, Kediri juga memiliki berbagai tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Kediri yang terkenal adalah Simpang Lima Gumul. Tempat wisata yang satu ini berdiri megah 6 km dari kota Kedri tersebut menjadi symbol pembangunan kota Kediri. Bangunan itu sendiri memiliki tampilan menyerupai Arch D Triompe di Paris, Perancis. Gumul sendiri menjadi persimpangan lima jalur yakni menuju arah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren, serta Menang.

Selain Gumul, wisata Kediri juga menghadirkan berbagai tujuan wisata sejarah. Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung adalah petilasan Sri Aji Joyoboyo. Petilasan tersebut terletak 10 km dari kota Kediri. Beliau sendiri menjadi raja kerajaan Kediri abad XII. Selain petilasan Sri Aji Joyoboyo, terdapat berbagai peninggalan sejarah kerajaan Kediri yang dulunya memang menjadi salah satu kerajaan terbesar di nusantara tersebut. Peninggalan sejarah lainnya adalah Aendang Tirto Kamandanu, Palinggihan Mpu Bharada, sera Arca Totok Kerot. Tempat tersebut mencapai puncak kepadatannya tepat pada tanggal 1 suro.

Selain wisata sejarah, wisata Kediri juga menyuguhkan wisata alamnya. Salah satu tempat wisata alam Kediri yang juga menjadi ikon kota tersebut adalah wisata gunung Kelud. Gunung yang sempat meletus pada tahun 2014 tersebut menjadi tujuan wisata yang menyedot ribuan pengunjung setiap tahunnya. Letaknya yang bersebelahan dengan kabupaten Blitar sempat menjadikannya sebagai gunung dengan persengkataan terkait kepemilikan hak oleh kedua belah pihak, Kediri serta Blitar. Namun hal tersebut nampaknya tidak berpengaruh pada minat para pengunjung untuk terus memadati tempat wisata tersebut.

Tak kalah dengan wisata gunung Bromo di Lumajang, wisata Kediri Gunung Kelud menyajikan keindahan kawahnya tersendiri. Dengan lava pijar yang kian menjulang membuatnya menjadi daya tarik tersendri bagi para pengunjungnya. Anda dapat menyaksikan kemunculan hasil perut bumi tersebut dengan mata kepala anda sendiri. Selain itu sepanjang perjalanan kesana anda akan disuguhi denagn pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu terdapat keunikan tersendiri ketika anda melintas sepanjang perjalanan karena ada semacam medan magnet yang akan menarik kendaraan anda secara perlahan menuju sebuah tanjakan. Selain itu masih terdapat sumber air panas Gunung Kelud yang terdapat di kaki gunung Kelud. Suhunya yang sangat tinggi serta kandungan belerang yang tinggi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang anda derita.

Leave a Reply