Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Mengatasi Baby Blues bagi Ibu Muda
Gejala baby blues berkaitan erat dengan kondisi kejiwaan sang ibu

Tips Mengatasi Baby Blues bagi Ibu Muda

Beritalamongan.com – selain dirundung rasa takut ketika akan melahirkan, sebagian ibu muda juga memikirkan tentang gejala baby blues yang mungkin akan mereka alami paska melahirkan nanti. Gejala baby blues berkaitan erat dengan kondisi kejiwaan sang ibu. Namun yang perlu digaris bawahi adalah baby blues bukanlah penyakit jiwa. Kondisi kejiwaan saja yang bisa mengubah mood mereka hingga kadang mereka bisa menagis tanpa sebab atau selalu merasa cemas meski keadaan dirinya dan bayinya baik – baik saja.

Menurut kak Seto, gejala baby blues biasanya dialami oleh ibu muda yang baru melahirkan. Gejalanya bisa marah – marah tanpa sebab, cemas, bingung, bahkan emosinya bisa dilampiaskan kepada bayinya sendiri.

“baby blues merupakan kondisi kejiwaan seorang ibu muda yang baru punya anak. Gejala baby blues seperti marah – marah kepada sumai, bingung bahkan melampiaskan emosi pada buah hati,” kata Kak Seto.

Berikut ini tips mengatasi baby blues bagi ibu muda:

Bercerita

Perubahan hormonal yang dialami ibu paska melahirkan bisa sangat mempengaruhi mood atau kondisi perasaan. Tidak ada salahnya menceritakan apa yang sedang dirasakan atau apa yang mengganggu perasaan kepada suami atau keluarga tujuanya supaya orang di sekitar anda bisa memahami anda dan mungkin bisa memberikan solusi untuk mengatasi apa yang sedang mengganggu anda.

Minta tolong

Ketika si kecil sudah lahir, dia tentu belum bisa melakukan segalanya sendirian. Butuh orang tua yang ada di sisinya untuk selalu merawatnya. Di sini, peran orang tua bukan hanya ibunya saja tetapi juga ayahnya. Bayi kerap sekali menangis atau rewel apabila popoknya basah. Dia juga akan menangis dengan keras apabila lapar. Sementara sang ibu yang baru melahirkan biasanya dalam keadaan yang masih lemah dan butuh support dari orang lain untuk membantu. Oleh karena itu, jangan malu atau segan meminta bantuan kepada suami atau keluarga yang ada di sekitar anda.

Adaptasi

Gejala baby blues memang bisa membuat anda terlihat seperti ibu yang tidak baik. Secara tidak sadar, sikap yang anda tunjukan akibat gejala baby blues ini bisa membuat orang lain di sekitar anda merasa tidak nyaman. Akan tetapi, gejala baby blues ini sebenarnya adalah kondisi normal. Baby blues merupakan bagian dari adaptasi ibu paska melahirkan. Perubahan hormonal yang terjadi di dalam membuat kondisi perasaan juga berubah. Bantuan orang disekitar bisa menyembuhkan anda dari gejala baby blues. Akan tetapi jika gejala ini berlansung lebih dari dua pekan maka sebaiknya segera ke doketer atau psikologi untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Leave a Reply