Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Kenali Gejala Baby Blues dengan Mudah
Kenali Gejala Baby Blues dengan Mudah

Kenali Gejala Baby Blues dengan Mudah

Beritalamongan.com – penantian 9 bulan untuk sang buah hati tercinta bisa menjadi saat yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan dan juga keluarganya. Setelah melewati proses melahirkan yang menjadi mendebarkan, tangisan sang jabang bayi seperti suara terompet kemenangan yang telah berhasil. Haru syahdu bercampur sebagai luapan kebahagiaan atas kelahiran sang anak. Namun beberapa hari paska melahirkan bisa menjadi hari di mana ibu akan mengalami suatu perubahan. Terkadang merasa murung, sedih bahkan ada pula yang mudah tersinggung. Jika hal demikian yang juga anda rasakan, itu tandanya anda mengalami gejala baby blues.

Ketika anda mengalami baby blues, anda berada di titik di mana menjadi bertolak belakang dengan keadaan yang seharusnya anda rasakan. Setelah melahirkan seharusnya disambut dengan penuh kebahagiaan. Setiap detik setiap menit bisa lebih dekat dengan suami, keluarga atau pun sang jabang bayi. Tetapi ketika baby blues melanda, maka perasaan yang sebaliknya akan menjadi suatu hal yang sangat tidak mengenakan.

Gejala baby blues

Baby blues sudah seperti keadaan normal yang biasa dialami oleh banyak orang. Delapan dari sepuluh ibu mengalami perubahan suasan dalam hati setelah mereka melahirkan. Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang baby blues, berikut ini gejala baby blues:

  • Cemas
  • Lelah namun sulit tidur
  • Sulit konsentrasi
  • Menangis tanpa ada sebab
  • Khawatir dengan kondisi kesehatan bayi meskipun bayinya baik – baik saja

Penyebab baby blues

Seminggu setelah melahirkan, akan terjadi perubahan hormonal. Tubuh akan melakukan beberapa penyesuaian. Salah satu penyesuaian yang dilakukan oleh tubuh adalah adrenalin tinggi saat melahirkan akan mulai mereda. Perubahan hormonal inilah ini dianggap sebagai penyebab baby blues.

Kondisi perasaan yang tidak karuan akibat baby blues dapat membuat ibu merasa terjebak dan stress. Namun baby blues bukanlah penyakit jiwa. Dengan dukungan dari keluarga dan orang terdekat, baby blus bisa disembuhkan.

Berapa lama baby blues berlangsung

Berapa lama baby blues berlangsung menurut Psikolog Seto Mulyadi atau lebih dikenal dengan kak Seto, lama tidaknya baby blues tergantung dari kepribadian sang ibu.

“lamanya baby blues tergantung dari kepribadian ibu,” kata Kak Seto.

Kak seto menambahkan, pada beberapa kasus baby blues memang bisa sembuh dengan sendirinya akan tetapi jika lebih dari dua minggu gejala baby blues belum juga berhenti maka sebaiknya segera mencari bantuan medis atau psikolog.

Leave a Reply