Home >> Pendidikan >> Calon Sarjana Muda Indonesia Meraih Medali Emas di Kompetisi Matematika International
Tim Matematika Indonesia Meraih Medali Emas di Kompetisi Matematika International

Calon Sarjana Muda Indonesia Meraih Medali Emas di Kompetisi Matematika International

Beritalamongan.com – di saat prestasi olah raga khususnya sepak bola lesu di kancah internasional, bidang lain para pemuda ini berhasil membuat bangga Indonesia. Ya, dua mahasiswa, Muhamad al Kahfi dari Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Pramudya Ananto dari Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil meraih medali emas dalam kompetisi matematika international yang ke- 22 di Blageovgrad, Bulgaria.

Nama lain dari tim matematika mahasiswa Indonesia yang berhasil menyumbang medali adalah Made Benny Prasetya Wiranata dari (UGM) mempersembahkan perak. Tiga nama mahasiswa lain yang juga turut menyumbang medali adalah Galih Pradananta, Brilly Maxel Salindeho dan Afif Humam dari ITB yang masing – masing menymbang medali perak.

Prestasi yang berhasil diraih oleh tim matematika Indonesia menurut Sofia Dina Martina, Fungsi Pensosbud KBRI, merupakan pencapaian yang terbaik sejak Indonesia mengikuti kompetisi matematika internasional pada 2004 silam. Sebelumnya, tim matematika Indonesia juga berhasil menyabet dua kali menyabet medali emas yakni pada kompetisi matematika internasional di Bulgaria pada 2010 dan 2014 lalu.

Kabar keberhasilan tim matematika Indonesia ini disambut dengan penuh gembira oleh Duta Besar RI untuk Bulgaria dan Alabania, Bunyan Saptomo. Sebelum bertolak ke tanah air, Bunyan menyambut mereka dengan jamuan makan siang di Wisma Duta.

Atas keberhasilan tim matematika Indonesia di pentas internasional ini, tak lupa Bunyan mengucapkan selamat serta ucapan terima kasih karena telah berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Menurutnya prestasi yang berhasil diraih oleh para mahasiswa tersebut menunjukan bahwa Indonesia juga tidak kalah dari Negara lain khususnya di bidang matematika.

“prestasi ini menunjukan bahwa Indonesia juga tidak kalah dari Negara lain,” kata Bunyan.

Tim matematika Indonesia yang diberangkatkan ke Bulgaria terdiri dari sembilan orang. Tim tersebut dipimpin oleh Dosen Pembina dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Siti Fatimah dan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud, Fajar Pryautama. Sembilan orang tersebut dipilih dari seleksi yang telah dilakukan kepada 1.300 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Kompetisi matematika internasional tersebut juga diikuti oleh sekitar 75 universitas di dunia. Untuk mendapatkan emas, sembilan mahasiswa tim matematika Indonesia harus bersaing dengan 326 peserta yang lain. Uniknya ada salah satu peserta dari Nanyang Technological University (Singapore) merupakan mahasiswa berkebangsaan Indonesia yang memang tengah menimba ilmu di sana.

Leave a Reply