Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Taman Suropati dan Keelokan yang dimilikinya

Taman Suropati dan Keelokan yang dimilikinya

Taman Suropati adalah taman yang berada di kota Jakarta. Taman ini memiliki peran penting sebagai paru-paru kota di Ibukota yang sudah sangat padata penduduknya dan disertai pula dengan banyaknya polusi. Kota Jakarta memang belum memenuhi standar kota yang baik, dimana sebuah kota yang baik, 30% dari luas kotanya harus merupakan ruang terbuka hijau. Sedangkan pada kenyataannya kota Jakarta baru memiliki 6% ruang terbuka hijau. Dan taman tersebut merupakan salah satu dari 6% ruang terbuka hijau di kota Jakarta. Lokasi taman ini terdapat di Jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro, dan Jalan Imam Bonjol. Taman ini pada awalnya memiliki nama Burgemeester Bisschoppleinyang diambil dari nama walikota Batavia yang pertama yaitu G. J. Bisshop, kemudian seiring berjalannya sejarah, taman ini berubah namanya menjadi Suropati.

Di dalam Taman Suropati kita akan dapat menemui beberapa patung karya seni, air mancur, serta rimbunan pohon mahoni. Taman ini cocok sekali untuk dijadikan tempat pertemuan kelompok ataupun komunitas untuk berkoordinasi maupun belajar bersama. Tak sedikit juga orang yang datang menikmati taman ini hanya untuk sekedar menikmati kenyamanannya. Taman ini sangat ramai sekali baik siang maupun malam hari, selain itu banyak para pedagang kaki lima yang juga ikut meramaikan taman ini. Taman ini juga terpilih sebagai tempat peletakan monumen ASEAN. Dimana monumen ini terdiri dari patung-patung yang dibuat oleh seniman-seniman ASEAN. Monumen ini memiliki arti penting untuk menciptakan persatuan antar seniman di kawasan ASEAN. Selain itu monumen ini juga dianggap sebagai lambang solidaritas ASEAN dalam menciptakan karya seni.

Monumen ASEAN yang terdapat di Taman Suropati ini terdiri dari patung-patung yang berasal dari beberapa negara ASEAN antara lain Philipina, Brunei Darussalam, Thailand, Indonesia dan Malaysia. Patung dari Philipina memiliki arti kelahiran kembali, patung dari Brunei Darussalam memiliki arti harmoni, patung dari Thailand memiliki arti fratenity atau persaudaraan, patung dari Indonesia memiliki arti perdamaian dan patung dari Malaysia yang memiliki arti pasca, hormon dan ora. Setiap arti dari patung yang diciptakan oleh kerjasama seniman tersebut diharapkan akan memberi inspirasi akan karya seni bagi seluruh masyarakat ASEAN sehingga persatuan dari semua negara ASEAN dapat terbentuk.

Banyak sekali komunitas yang berkumpul di Taman Suropati ini dan salah satunya adalah sebuah komunitas musik yang memiliki nama Kota Seni (Komunitas Taman Seni Indonesia). Komunitas musik ini memiliki anggota dari segala usia baik yang sudah pandai bermain musik ataupun yang masih belajar. Pembelajaran musik yang diajarkan dari komunitas ini dibagi-bagi sesuai dari kelas mereka masing-masing. Ada yang belajar mulai dari mengenal not balok, solmisasi, hingga yang sudah senior yang bisa mengkolaborasikan beberapa alat musik seperti saxophone dan gitar.

Leave a Reply