Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Wisata Jawa Timur

Wisata Jawa Timur

Jawa Timur merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Provinsi yang memiliki ibukota di Surabaya ini tentu sangat terkenal dengan berbagai macam tempat wisatanya. Dapat kita jumpai berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik di Jawa Timur, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata hiburan. Banyak juga turis yang berasal dari dalam maupun luar negeri yang mengunjungi Jawa Timur untuk sekedar berwisata pada saat musim liburan.

Ada beberapa tempat wisata Jawa Timur yang dapat kita kunjungi, antara lain:

1.       Gunung Bromo

Obyek wisata Gunung Bromo merupakan obyek wisata pegunungan yang sangat terkenal di Jawa Timur. Obyek wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan suasana yang sangat mendamaikan pikiran. Para wisatawan tentu akan disuguhi petualangan yang sangat menyenangkan ketika harus berburu sunrise pada pagi hari. Dengan mengendarai mobil jeep dari penginapan pada dini hari dengan suhu yang dapat mencapai 10 derajat celcius hingga menuju puncak Bromo kita akan mendapati sunrise terpancar di depan kita pada pagi hari. Gunung Bromo tentu sangat terkenal dengan legenda Suku Tengger. Dibalik legenda tersebut tentu pegunungan Bromo menjadi saksi adanya legenda yang menceritakan tentang kisah Roro Anteng dan Joko Seger tersebut. Di sekitar Gunung Bromo terdapat beberapa pura yang merupakan tempat ibadah bagi agama Hindu. Hal ini dikarenakan sebagian penduduk Bromo beragama Hindu. Untuk mendaki ke Bromo tentu sangat dibutuhkan peralatan lengkap yang melindungi badan kita mengingat suhu di sana dapat mencapai 0 derajat celcius ketika cuaca tidak bersahabat.

2.       Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular merupakan obyek wisata yang dapat kita kunjungi jika kita menginginkan tempat wisata dengan berbagai macam wahana permainan yang sangat memacu adrenalin. Obyek wisata yang terletak di Batu, Malang ini menawarkan wahana permainan yang sangat spektakuler pada malam hari. Oleh sebab itu dinamakan dengan nama Batu Night Spectacular. Kemeriahan wahana permainan yang berada di sana tentu akan membuat kita sangat tertantang untuk mencoba wahana permainan tersebut. Di tempat tersebut, bukan hanya wahana permainan saja, melainkan terdapat pula berbagai macam café dan food court yang menyediakan berbagai macam hidangan yang sangat lezat. Jika berkunjung ke Malang, kita dapat menyempatkan untuk mengunjungi Batu Night Spectacular untuk sekedar menikmati malam hari dengan wahana permainan yang sangat dahsyat.

3.       Kawah Ijen

Tempat wisata Kawah Ijen merupakan tempat wisata berupa keindahan alam berupa kawah dari Gunung Ijen yang sangat mempesona. Kawah Ijen tersebut terlihat seperti danau dengan air yang bersuhu sekitar 200 derajat celcius dan berwarna hijau tosca. Berada di kawasan deretan gunung berapi lainnya membuat tempat wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Pemandangan alam di kawah tersebut akan semakin indah ketika tersorot sinar matahari pagi. Dengan sorotan sinar matahari pagi, air dalam kaldera tersebut akan memiliki warna keemasan. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan danau kawah tersebut. tempat wisata yang terletak di Bondowoso ini menjadi primadona bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

4.       Pantai Pasir Putih Situbondo

Selain objek wisata berupa pegunungan, Jawa Timur juga memiliki objek wisata berupa pantai, yaitu Pantai Pasir Putih yang terletak di Situbondo. Banyak pengunjung yang mengunjungi pantai tersebut pada saat musim liburan untuk menikmati keindahan hamparan pasir putih yang menyelimuti pantai. Di tempat wisata tersebut, para pengunjung dapat menyewa perahu untuk mengelilingi pantai.

Leave a Reply