Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tempat Wisata Jogja

Tempat Wisata Jogja

Jogja merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Jawa yang memiliki segudang tempat wisata yang sangat menakjubkan. Daya tarik wisatawan terhadap provinsi yang berada di selatan pulau Jawa ini sangat tinggi. Hal ini dikarenakan, Jogja selain memiliki banyak sekali tempat wisata, kebudayaan masyarakat Jawa sendiri juga berasal dari provinsi yang satu ini. Hingga sekarang, kebudayaan yang berada di sekitar Jogja masih sangat kental. Di Jogja, para wisatawan juga dapat mempelajari berbagai macam kebudayaan Jawa yang masih sangat terawat di sana. Jogja menyimpan sejuta tempat yang sangat menarik para wisatawan untuk mengunjungi dan berwisata di sana.

Adapun tempat wisata Jogja yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan:

1.       Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi yang terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Kompleks Candi Prambanan ini merupakan kompleks candi Hindu yang paling besar di Indonesia. Candi yang konon katanya merupakan bukti fisik adanya cerita tentang Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi patung ini memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Candi Prambanan yang merupakan salah satu situs sejarah ini memiliki banyak candi yang merupakan satu rangkaian Candi Prambanan. Candi Prambanan sendiri konon menurut legenda Roro Jonggrang didirikan oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan jin hanya dalam satu malam. Menurut legenda Roro Jonggrang, jumlah candi tersebut berkisar hingga 1000 candi dimana pusat candi tersebut terdapat patung Roro Jonggrang di dalamnya. Pada pertengahan bulan, di Candi Prambanan ini selalu diselenggarakan pertunjukan sendratari Ramayana yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya.

2.       Kompleks Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak

Selain wisata berupa candi, Jogja juga memiliki tempat wisata pantai yang sangat indah. Selain pantai yang telah terkenal seperti Parangtritis, Jogja juga mempunyai banyak pantai yang sangat indah. Kompleks pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak merupakan jajaran pantai yang terhampar luas dengan keunikan masing – masing pantai. Kompleks pantai ini terletak di balik pegunungan kapur Gunung Kidul. Pantai Baron merupakan pantai yang sangat indah dengan ombak pantai selatan yang dahsyat. Di pantai ini, para pengunjung dapat bermain dengan ombak yang berada di pantai layaknya di Parangtritis. Selain itu terdapat sungai kecil yang mengalir ke pantai dimana sungai tersebut memiliki sumber mata air berasal dari gunung. Sedangkan Pantai Kukup sangat terkenal dengan keindahan pemandangannya. Di pantai tersebut, para pengunjung dilarang bermain ombak di tepi pantai karena tepi pantai yang memiliki banyak karang. Para pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dari gazebo yang berada di atas bukit karang seperti yang ada di Pantai Tanah Lot, Bali dimana terdapat pura di atas karang. Sementara Pantai Sundak sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya yang terhampar luas.

3.       Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan suatu tempat yang sangat indah pada malam hari dimana para pengunjung dapat menikmati pemandangan Jogja pada malam hari dari atas bukit. Bukit Bintang menawarkan eksotisme malam secara alami dengan gemerlap bintang dan kerlap – kerlip lampu kota yang memancar yang dapat dilihat dari atas bukit. Di tempat itulah suasana malam kota Jogja nampak bagaikan karpet yang membentang dengan lampu kecil – kecil yang menghiasi. Bukit Bintang sendiri terletak di wilayah Gunung Kidul atau lebih tepatnya berada di Bukit Hargodumilah, Patuk. Di tempat itu juga dapat terlihat gunung yang membentang, mulai Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, hingga Merbabu.

Selain tempat – tempat itu, Jogja juga masih menyimpan banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi.

Leave a Reply