Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Obyek Pilihan Wisata Jawa Barat

Obyek Pilihan Wisata Jawa Barat

Tempat Wisata di Jawa Barat

Banyak sekali teman-teman dari kawasan jawa barat yang mau ngajakin aku main ketempat mereka, mereka menawarkan berbagai tempat wisata yang akan di kunjungi, namun kesempatan yang belum berkenan untuk mengikuti jejak wisata teman. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali tempat wisata di jawa barat, satu kabupaten saja bisa terdapat 10 hingga 20 tempat wisata, belum lagi dengan wisata kuliner di tiap-tiap kabupaten. Mungkin teman-teman perlu sedikit gambaran/panduan tempat wisata apa saja di jawa barat. Saya di sini akan memberikan 10 tempat wisata di Jawa Barat yang favorit di kunjungi para wisatawan.

 

10 Tempat Wisata Jawa Barat Yang Sangat Favorit

1. Pantai Pangandaran

Pantai pangandaran dengan pasir halus dan air laut yang bersih membuat pantai pangandaran ini menjadi pantai yang menyimpan banyak memori serta misteri alamnya. Dari pantai pangandaran ini  pengunjung bisa melihat terbit dan terbenamnya matahari karena posisi geografisnya yang memungkinkan.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Bagi anda yang suka berwisata gunung, gunung Tangkuban Perahu adalah pilihannya, di sana anda bisa melihat macam-macam keindahan dari sepuluh kawah yang saling berdekatan. Di antaranya adalah Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, ini adalah kawah favorit para wisatawan. Untuk menuju lokasi Kawah Ratu bisa menyewa kuda yang di sediakan oleh penduduk sekitar. Adapun kawah kawah yang lain bisa kita tempuh dengan jalan kaki karena tempatnya yang saling berdekatan.

3. Arung Jeram Sungai Citarik

Jika punya mental kuat silahkan tes adrenalinmu dengan berarung jeram di Sungai Citarik, salah satu sungai di Kabupaten Sukabumi yang dijadikan lokasi untuk kegiatan rafting. Di sana kalian akan di pandu dengan pemandu yang bersertifikat standar nasional bahkan internasional.

4. Kawah Putih

Gunung Patuha yang tersembunyi keindahan bekas kawah tua yang unik. Kawah yang berwarna hijau serta air yang tertutup dengan asap yang tipis membuat kawah ini banyak yang mengagumi serta bau belerang khas kawah gunung patuha membuat para wisatawan senang untuk berlama-lama di sini.

5. Green Canyon (Cukang Taneuh)

Green Canyon  adalah tempat wisata di pesisir selatan jawa barat. Green Canyon menjadi primadona wisatawan di pesisir Selatan Jawa Barat. Disini adalah tempatnya untuk menikmati wisata air jernih yang keluar dari sumberan asli dari hutan yang mengalir kearah sungai Cijulang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang masih meneteskan air. Air terus menerus mengalir ke arah tebing sehingga daerah ini disebut sebagai daerah hujan abadi.

6. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai pelabuhan ratu merupakan objek wisata utama pemerintah sukabumi, dana yang di keluarkan untuk pembangunan dan pengembangan wisata ini cukup banyak. Pantai ini memiliki karakter yang unik yang memiliki perpaduan antara curam dan landai karena berada di teluk. Banyak sekali karang-karang yang terjal dengan gelombang yang dahsyat yang merupakan karakter asli dari ombak pantai selatan legenda nyi roro kidul.

7. Gua Lalay

Gua lalai adalah surganya ribuan kelelawar hitam bagaikan awan hidup yang meliuk-liuk di atas langit yang sangat menarik bila kita melihatnya di sore hari, gua lalay berada di daerah sukabumi dekat dengan pelabuhan ratu.

8. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah taman nasional yang di penuhi bunga dari berbagai penjuru dunia, ada sekitar 2000 jenis bunga anggrek yang indah-indah dan bunga-bunga yang lain. Tamu Negara sering sekali di ajak untuk mengunjungi taman tersebut, sebut saja seperti Obama, presiden Korea utara dan lain-lain.

9. Curug Cikaso

Curug cikaso atau di sebut sebagai air terjun ini berada di daerah sukabumi, ketinggian curug cikaso mencapai 80 meter dengan tiga curug yang lebarnya hampir 100 meter. Untuk menuju ke lokasi air terjun Curug Cikaso, selain bisa ditempuh dengan berjalan kaki yang menyusuri pematang sawah, juga bisa dicapai dengan naik perahu motor dengan melewati bantaran sungai.

10. Pantai Ujung Genteng

Pantai tujuh genteng dengan julukan pantai ombak tujuh, yang menyediakan arena berselancar dengan ombaknya yang menantang, pantai ini Terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Lokasi ini merupakan kawasan favorit bagi wisatawan mancanegara untuk berselancar. Bagi yang gemar memancing, Ujung Genteng merupakan wisata yang tepat dengan beraneka ragam ikan laut yang sangat mudah di pancing.

Ada salah satu tempat wisata yang tersembunyi di jawa barat, yang murah meriah namun kualitas spesial dan dijamin memuaskan hati,ingat di negeri kita, banyak sekali tempat wisata Cuma kita kurang promosi, potensi wisata kita lebih unggul dan berbobot hanya kurang eksekusi saja. Misalnya, Kampung Sampireun, Situ Bagendit, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo, Pemandian air panas ciater, Puncak Darajat dan masih banyak lagi. Kalau kalian suka dengan wisata sejarah memang jawa barat adalah tempatnya termasuk garut tepatnya di Desa Cangkuang Kabupaten Leles di sana terdapat Candi bernama Cangkuang, ini adalah satu-satunya candi yang terdapat di Jawa Barat. Candi ini peninggalan dari kerajaan Purnawarman dan Pajajaran di Abad ke VIII. Candi ini di temukan pada tahun 1966 dan selesai dipugar pada Tahun 1976. Tak jauh dari lokasi candi yang rimbun dengan pepohonan tua yang lebat, ada desa bernama Kampung Pulo, yang di huni oleh enam rumah dan enam kepala keluarga, disini tak boleh ada penambahan rumah atau kepala keluarga karena sudah aturan adat setempat.

Leave a Reply