Home >> Gaya Hidup >> Tips Persiapan Merantau untuk Bekerja
persiapan merantau untuk bekerja

Tips Persiapan Merantau untuk Bekerja

Beritalamongan.com – ketika tali toga telah dipindahkan, ini artinya dunia baru sebagai fresh graduate telah menanti. Mencari dan mendapatkan pekerjaan adalah tantangan awal untuk memulai karir. Biasanya mereka lebih senang mencari pekerjaan tersebut di luar kota. Ada berbagai alasan yang melatar belakanginya. Mulai dari alasan gaji, ingin menemukan dunia baru di luar, menambah pengalaman, menambah rekan hingga karena alasan gengsi. Namun kehidupan di perantaun bisa jadi tidak seindah dalam bayangan. Banyak tantangan baru yang apabila tidak dibarengi dengan kemampuan dan tekad yang kuat maka usaha diperantuan tidak akan berpihak. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum merantau untuk bekerja.

Berikut ini tips persiapan merantau untuk bekerja:

Riset

Dunia perantuan terkadang tidak seramah yang dibayangkan. Apalagi bagi yang baru pertama kali merantau. Riset terhadap perusahaan dan lingkungan sekitar di perantauan sebaiknya dilakukan sebelum menerima tawaran kerja.

Keluarga

Jangan lupakan untuk melakukan diskusi dengan keluarga atau orang terdekat terkait keinginan kamu untuk merantau. Diskusi dengan mereka, selain menambah kesiapan untuk segera berangkat juga untuk memberikan ketenangan akan jarak yang akan menjadi hambatan.

Tempat tinggal

Salah satu yang paling penting ketika meninggalkan rumah yang nyaman dan aman adalah hunian sementara di tempat perantauan. Sebaiknya masalah hunian ini sudah dipikirkan sejak awal sebelum keberangkatan. Jangan sampai ketika sudah siap berangkat tetapi tidak tahu harus tinggal di mana pada saat merantau. Paling tidak ada referensi tempat yang bisa dituju baik dari keluarga, rekan atau referensi yang lain. Ketika kamu sudah tahu di mana kamu akan tinggal diperantauan maka kamu akan menjadi lebih tenang dengan pekerjaan yang akan kamu geluti di sana.

Keuangan

Merantau apalagi menuju ke kota besar, butuh biaya plus untuk tinggal di sana. Bukan hanya untuk biaya tempat tinggal tetapi juga untuk kebutuhan setiap hari mulai dari makan hingga perlengkapan kebutuhan. Bahkan hal – hal yang kecil itu adalah yang lebih banyak menguras uang simpanan di perantauan. Sebelumnya, pastikan perencanaan keuanganyang baik dari awal. Jangan lupa buat juga anggaran kebutuhan yang disesuaikan dengan besaran gaji yang akan diterima.

Leave a Reply