Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Wisata Murah ke Hongkong

Tips Wisata Murah ke Hongkong

Hongkong merupakan tempat tujuan wisata para wisatawan dari berbagai negara. Wisatawan yang berada di berbagai belahan dunia tentu menginginkan Hongkong sebagai lokasi yang digunakan untuk berwisata. Hal ini dikarenakan aktivitas pariwisata di Hongkong sudah berjalan sangat baik dan mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Dengan demikian, para wisatawan yang berada di Hongkong akan merasa nyaman di sana karena berbagai macam fasilitas serta transportasi disediakan di sana.

Tentunya untuk melakukan kunjungan wisata ke Hongkong membutuhkan biaya yang tak sedikit. Oleh sebab itu, sebagai wisatawan kita hanya dapat menghemat biaya atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu pada saat berada di Hongkong. Untuk mengetahui cara berwisata hemat ke Hongkong, kita dapat menyimak tips wisata murah ke Hongkong. Tips tersebut antara lain:

1.       Membawa identitas pribadi

Kelengkapan identitas pribadi para wisatawan sangat dibutuhkan ketika melakukan kunjungan wisata ke negara lain. Hal tersebut juga berlaku ketika melakukan kunjungan wisata ke Hongkong. Di Hongkong, para wisatawan hendaknya membawa paspor untuk kepentingan pada saat tinggal di negeri tersebut. Hal tersebut demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berada di sana. Hongkong memiliki penduduk yang sangat padat, oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak membawa dalam jumlah besar uang tunai yang kita miliki. Hal tersebut untuk mengantisipasi ketika kita hendak membeli suatu barang di sana, karena kebanyakan toko – toko di sana hanya melayani pembelian dengan kartu kredit, bukan uang tunai.

2.       Jasa pelayanan

Di Hongkong, sebagian besar tempat makan seperti restoran menghendaki untuk mencantumkan biaya pelayanan makanan sebesar 10%. Hanya tempat – tempat makan tertentu yang tidak mencantumkan kebijakan tersebut seperti tempat makan cepat saji yang berada di Hongkong. Dengan demikian, kita harus menyisihkan uang kita untuk memberikan tip pada tempat – tempat makan yang mencantumkan kebijakan pelayanan sebesar 10% tersebut. Sementara untuk jasa lainnya seperti transportasi berupa taksi dan pelayanan hotel tidak menghendaki kebijakan tip tersebut. Sehingga kita tidak perlu memberikan tip kepada sopir taksi atau pelayan hotel. Namun jika dirasa itu perlu kita berikan, tentu para pemberi jasa tersebut tidak akan menolaknya.

3.       Air minum gratis

Air minum gratis juga terdapat di Hongkong yang juga memiliki standar kesehatan dunia. Air minum di sana dapat diambil melalui tempat – tempat yang menyediakan fasilitas air minum gratis dan sehat. Dengan demikian kita tidak perlu membuang uang untuk membeli air minum kemasan yang ada di sana. Namun jika dirasa perlu untuk membeli air minum kemasan, kita juga dapat membelinya di berbagai supermarket di Hongkong.

4.       Transportasi yang mudah

Di Hongkong, terdapat alat transportasi yang sangat bervariasi mulai dari taksi, MTR, KCR, trem, dan berbagai macam alat transportasi lainnya. Ketika menggunakan taksi untuk menuju ke suatu tempat di Hongkong, sebaiknya kita menyediakan uang tunai untuk membayar jasa tersebut karena semua taksi hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Biasanya kita dapat memperoleh taksi di tempat – tempat pemberhentian atau bahkan di luar hotel. Selain taksi, ada juga MTR (Mass Transit Railway) yang memiliki 6 rute yang mencakup sebagian besar pulau yang berada di Hongkong. Untuk para wisatawan, menggunakan MTR lebih murah dan lebih efisien jika dibandingkan dengan menyewa mobil pribadi. Hal ini dikarenakan kepadatan penduduk di Hongkong yang menyebabkan ramainya jalanan di sana, sehingga tidak efisien jika menggunakan mobil pribadi yang harus bergelut dengan kemacetan.

Leave a Reply