Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Ke Rio De Janeiro Brasil

Tips Ke Rio De Janeiro Brasil

Berpetualang ke Rio de Janeiro

Liburan Asyik di Negeri Samba

Masa liburan telah tiba, waktunya berwisata bersama keluarga. Jika Anda memiliki jiwa berpetualang, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga atau teman-teman anda berwisata ke Rio de Janeiro, negeri tarian Samba. Artikel ini akan mengulas beberapa tips ke Rio de Janeiro Brasil seperti tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan beberapa tips ketika mengunjungi negara ini. Sekedar pengetahuan, Rio de Janeiro merupakan salah satu negara bagian dari Brazil, tepatnya berada di bagian tenggara. Negara ini masuk ke dalam salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2012 sekaligus menjadi negara bagian terbesar ke empat di dunia.

Tempat Wisata Pilihan

Banyak obyek wisata yang ada di Rio de Janeiro yang dapat anda kunjungi. Berikut ulasannya.

1.     Batu Raksasa Pao de Acucar/ Batu Sugarloaf

Batu raksasa ini sebenarnya adalah batu granit dengan tinggi 395 meter yang terletak di teluk Guanabara. Pertama kali ditemukan pada tahun 1502 oleh pelayar asal Portugis yang berhasil menepi di teluk tersebut. Anda bisa menuju ke tempat ini menggunakan kereta gantung berpenumpang 75 orang dengan harga tiket per orangnya sekitar US$22 atau Rp 220.000-an. Selama di dalam kereta gantung, anda dapat menyaksikan pemandangan Teluk Guanabara dengan hamparan pantai yang bersih lengkap dengan jajaran perahu-perahu yang rapi berjejer di dermaga.

2.     Patung Christ de Redeemer di Gunung Corcovado

Patung ini sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Patung yang terletak di puncak gunung Corcovado, gunung tertinggi di Rio de Janeiro ini merupakan patung Kristus umat Kristiani setinggi 38 meter yang memiliki arti pemberi berkah dan pelindung Rio de Janeiro.

Untuk sampai ke tempat patung tersebut berada, ada beberapa alternatif sarana transportasi yang bisa dipilih. Pertama, menggunakan bus, taksi, atau menyewa mobil. Kedua, anda bisa menggunakan kereta dari stasiun yang ada di Corcovado.

Jika anda menggunakan kereta, anda akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 20 menit untuk menuju ke puncak. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan dari mulai kota metropolis, jajaran laguna yang menakjubkan, hingga permukiman kumuh yang biasa disebut favela serta rimbunnya hutan Tijuca.

3.     Menyusuri Hutan Tijuca

Sudah terlanjur ke Rio de Janeiro dan mengunjungi patung Christ de Redeemer, rasanya akan lebih lengkap dan menantang jika anda juga masuk ke hutan Tijuca di kaki gunung Corcovado. Hutan ini sangat terkenal karena merupakan satu satunya hutan yang berada di tengah kesibukan kota yang terluas di dunia. Oleh karena itu, hutan Tijuca ini juga kerap disebut dengan hutan urban oleh para wisatawan.

Anda bisa menyewa sebuah Jeep bersama wisatawan lainnya untuk menyusuri hutan seluas 32 km persegi ini. Di dalam hutan urban tersebut, anda tak hanya dimanjakan dengan pemandangan beratus-ratus flora yang dilindungi, namun juga anda bisa merasakan sensasi seperti di dalam hutan Amazon bersama dengan beberapa jenis fauna yang ada di sana.

4.     Pantai Copacabana dan Ipanema

Jauh-jauh ke Rio de Janeiro rasanya tak lengkap jika tidak menikmati pantainya yang eksotis. Kedua pantai ini cukup unik karena terletak di area pusat kota dan tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Di sisi jalan yang menghadap pantai, anda akan menemukan trotoar yang cukup luas. Di sepanjang trotoar tersebut anda akan menemukan beberapa penjual makanan. Jika anda ingin berjemur di saat musim panas, anda bisa menyewa kursi pantai dan payung lebar untuk bersantai di atas pasir putih dengan hembusan angin pantai dan suara deburan ombak.

5.     Makan ala Buffet di sepanjang pantai

Bingung cari makan ketika berwisata di negara ini? Jangan khawatir, di sepanjang pantai yang ada di Rio de Janeiro anda akan menemukan tempat makan dengan konsep buffet atau prasmanan. Uniknya, makanan yang anda ambil harus ditimbang terlebih dahulu untuk menentukan berapa uang yang harus anda bayar kepada penjualnya.

Leave a Reply