Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Ke Mumbai India

Tips Ke Mumbai India

Tips Jalan-Jalan ke Mumbai

Objek Wisata di Mumbai

Mumbai adalah kota terbesar di India yang sekaligus menjadi ibukota negara bagian Magarashtra. Kota ini pun menjadi kota metropolitan terbesar keempat di dunia. Jika Anda berlibur ke India, akan kurang pastinya jika Anda belum berkunjung ke Mumbai. Di kota Mumbai Anda akan mendapati beberapa objek wisata yang cukup menarik. Tips ke Mumbai India, ada satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda ke Mumbai India yaitu Gateway of India.

Gateway of India terdapat di daerah Waterfront Apollo Bunder di sebelah Utara Mumbai. Gateway of India merupakan bangunan berbentuk persegi empat dengan ruang kosong di bagian tengah bangunan yang berfungsi untuk jalur masuk dan keluar. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 26 meter. Bangunan ini memiliki ragam arsitektur yang merupakan hasil perpaduan arsitektur Hindu dan Isam. Gaya arsitektur Islam akan Anda dapari pada model bangunannya, sedangkan untuk dekorasi bangunan merupakan perpaduan arsitektur Hindu.

Tidak jauh dari Gateway of India, terdapat hotel Taj Mahal. Hotel ini dibangun pertama kali pada tahun 1903. Sudah banyaj artis luar negeri yang menginap di hotel bintang 5 ini, seperti the Beatles, The Rolling Stone, bahkan istri dari mantan Presiden USA Kennedy. Hotel ini pun menjadi sorotan dunia saat ada serangan teroris yang menyandra tamu hotel pada tahun 2008. Beruntunglah jika pada akhirnya kawanan teroris tersebut dapat terkepung meski terdapat ratusan korban yang berjatuhan.

Untuk tips ke Mumbai India, masih ada obyek wisata lain yang tidak kalah menarik dan juga sering menjadi tujuan dari wisatawan adalah stasiun kereta api Charrapati Shivaji Terminus yang memiliki desain gotic yang sanagt menarik. Ada pula High Court Mumbai dan University of Mumbai.

Dabbawala, Pengantar Box Makan Mumbai

Dabbawala adalah salah satu hal unik yang menjadi bagian kehidupan masyaraat Mumbai. Dabbawala adalah orang yang bertugas untuk mengirimkan box makanan seperti rantang setiap hari.

Sejarah dabbawala muncul bermula ketika India masih dijajah oleh Inggris. Saat itu orang Inggris menjabat sebagai pemerintah. Para pejabat Inggris tidak cocok dengan masakan india, maka dimulailah budaya makan siang dengan masakan buatan rumah yang dipersiapkan sendiri oleh keluarga orang-orang Inggris tersebut. Selanjutnya, makanan tersebut pun dibungkus dalam wadah sejenis rantang yang terbuat dari alumunium. Kebiasaan makan siang ini pun sudah terlanjur mendarah daging di masyarakat India. Meski telah merdeka dari Inggris, India tetap mempertahankan tradisi makan siang tersebut. Makanan pun tidak hanya dikirim untuk pegawai pemerintahan saja, tetapi juga untuk makan siang anak-anak di sekolah.

Harga Murah di Mumbai

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 25 ribu hingga 30 ribu rupiah saja untuk sepaket makanan lengkap dengan minuman di restoran-restoran cepat saji. Di pinggir jalan Anda juga dapat menemui penjual makanan lokal yang sudah pasti murah meriah. Harga-harga di kota Mumbai masih terbilang murah dibanding kota metropolitan di Asia lainnya. Sekedar tips ke Mumbai India Anda harus pandai-pandai menawar harga jika ingin harga yang lebih murah.

Harga tiket untuk masuk tempat wisata dibedakan berdasarkan orang asing atau warga India asli. Untuk orang asing memang dibandrol dengan tarif yang lebih mahal bisa 200 kali lipatnya. Maka dari itu Anda harus pandai-pandai bermain trik. Beruntunglah wajah orang Indonesia hampi mirip seperti wajah orang nepal, Anda dapat memanfaatkan kemiripan ini untuk mengaku sebagai orang Nepal jika ingin membeli tiket suatu objek wisata. Di loket tiket Anda dapat mengatakan “beri saja saya 5 rupee, saya dari Assam”. Kata-kata ini terbukti ampuh dan manjur. Assam adalah nama wilayah di India dimana penduduknya seperti orang Nepal. Anda dapat memperoleh harga tiket 5 rupee dengan cara ini, padahal harga tiket untuk orang asing biasanya dibandrol 100 rupee. Semoga dapat menjadi tips ke Mumbai India yang bermanfaat.

Leave a Reply