Home >> Nasional >> Pemukiman Warga di Kaki Bukit Batu Seribu Diserbu Kawanan Kera
ilustrasi kawanan kera liar turun gunung

Pemukiman Warga di Kaki Bukit Batu Seribu Diserbu Kawanan Kera

Beritalamongan.com – kekeringan yang melanda di sebagia besar wilayah membuat banyak tanaman yang mati. Bahkan akibat kekeringan ini, banyak satwa liar yang kesulitan mendapatkan makanan sehingga mereka terpaksa berpindah tempat untuk mencarinya. Seperti yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah. Kawanan kera liar turun gunung untuk mengisi perut mereka yang kelaparan akibat kesulitan mencari makan.

Serbuan kawanan kera liar tersebut tepatnya terjadi di pemukiman warga yang ada di kaki Bukit Batu Seribu Bulu di Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah. Serangan kawanan kera liar ini cukup meresahkan warga. Kondisi alam yang telah mengering akibat musim panas ini membuat kera – kera liar kesulitan mendapatkan makanan akibat tanaman banyak yang mengering.

Menurut Sunarjo, Camat Bulu, serangan kawanan kera liar ini terjadi sejak satu bulan yang lalu. Kekeringan melanda bahkan hingga ke Bukit Batu Seribu Bulu membuat banyak tanaman yang dibutuhkan sebagai makanan kera banyak yang mengering. Padahal pihak terkait sudah sering melakukan penghijaun namun nyatanya banyak tanaman yang ditanam mati.

“penghijaun sudah sering kami lakukan namun nyatanya banyak tanaman yang mati. Akibatnya kawanan kera liar ini terpaksa turun gunung untuk mencari makan. Jadi, penghijauan khususnya tanaman produktif sangat perlu dilakukan,” kata Sunarjo.

Tanaman produktif yang dimaksud adalah tanaman buah – buahan. Sebab, tanaman buah – buahan ini merupakan sumber makanan utama para kera liar tersebut.

Kawanan kera ini menurutnya bisa saja dianggap sebagai hama. Tetapi tidak bisa dimusnahkan begitu saja. Sebab, kawanan kera liar ini merupakan bagian dari objek wisata pemandian air Batu Seribu Bulu. Dia menambahkan, solusi yang tepat untuk mengatasi persoalan ini adalah memberikan bahan makanan supaya mereka tidak lagi turun gunung untuk mencari makanan di tengah pemukiman warga.

Selain melakukan penghijaun di Bukit Batu Seribu Bulu, Sunarjo juga menghimbau agar masyarakat bersedia membantu melakukan perawatan terhadap tanaman yang telah ditaman di bukit. Sebab, penyebab banyaknya tanaman yang ditanam mengering dan mati adalah karena tidak dilakukan perawatan. Jadi bantuan dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk melakukan hal ini.

Leave a Reply