Home >> Berita Jatim >> Puluhan Desa di Probolinggo Kesulitan Air
ilustrasi warga mencari air bersih hingga puluhan kilometer

Puluhan Desa di Probolinggo Kesulitan Air

Beritalamongan.com – musim panas yang melanda membuat sebagian besar daerah di jawa timur kesulitan mendapatkan air bersih. Seperti yang dialami oleh warga probolinggo, mereka terpaksa harus bersusah payah menempuh jarak yang cukup jauh untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Ada sekitar 40 desa di kabupaten Probolinggo mengalami krisis air bersih. Para warga dari desa tersebut terpaksa harus menempuh jarak hingg puluhan kilometer bahkan sampai lintas kabupaten hanya untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan harian mereka.

Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces, merupakan salah satu desa yang mengalami kesulitan air bersih. Warga desa tersebut terpaksa harus menempuh jarak 10 kilometer sampai ke wilayah Lumajang untuk mendapatkan pasokan air bersih.

Kontur alam yang berbatu membuat warga desa tidak bisa membuat sumur. Kondisi tersebut semakin sulit apabila musim kemarau tiba. Persediaan air yang mereka miliki banyak yang mengering akibatnya warga pun kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih.

Menurut Warsih, warga Desa Malasan Kulon, sangat susah untuk mendapatkan air bersih bahkan untuk mendapatkan air bersih, dia harus mencarinya hingga ke wilayah Lumajang.

“susah mencari air bersih harus ke wilayah lumajang,” kata Warsih

Medan yang sulit dan terbatasnya armada tangki air membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) setempat kesulitan untuk memberikan pasokan air bersih untuk warga. Menurut Suharto, petugas BPPD setempat, untuk mencukupi kebutuhan air puluhan desa tersebut, setidaknya dibutuhakn 10 armada tangki air. Sementara BPPD hanya memiliki enam armada saja. Tentu mereka sangat kewalahan memberikan bantuan air bersih untuk warga.

Desa Malasan Kulon merupakan salah satu diantara puluhan desa lain di 11 kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang mengalami kesulitan air bersih. Kondisi terparah juga di alami desa Sumber Bendo, Kecamatan Tongas dan Desa Palang Besi, Kecamatan Lumbang.

Krisis air bersih yang dialami warga desa tersebut bukan hanya terjadi pada musim kemarau tahun 2015 ini saja tetapi kondisi tersebut sudah terjadi selama puluhan tahun yang lalu. Kondisi tersebut seharusnya menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah setempat supaya masyarakat bisa keluar dari kondisi sulit tersebut.

Leave a Reply