Home >> Berita Jatim >> Abu Raung Membuat Warga Jember Kesulitan Air Bersih
gunung Raung terus menyemburkan abu vulkanik

Abu Raung Membuat Warga Jember Kesulitan Air Bersih

Beritalamongan.com – aktivitas gunung Raung yang terus menyemburkan abu vulkanik ke langit membuat warga sekitar gunung Raung khususnya warga Jember mengalami berbagai masalah. Selain menyebabkan masalah pernapasan, abu vulkanik gunung Raung juga menyebabkan warga Jember kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga Jember sebenarnya sudah disulitkan dengan musim panas yang terjadi di tahun ini. Banyak sumber mata air yang mulai mengering. Selain sangat dibutuhkan untuk pertanian, sumber mata air tersebut juga sangat penting untuk kehidupan sehari – hari seperti untuk mandi, cuci, masak dan juga untuk keperluan ibadah.

Gunung Raung yang terus menyemburkan abu vulkanik membuat abu tersebut turun hingga sumur – sumur warga. Akibatnya banyak sumur warga yang tidak lagi bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan harian mereka.

Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa mencari ke berbagai tempat. Seperti yang dilakukan oleh warga kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember. Mereka rela mengantri sejak pagi hari demi mendapatkan air bersih dari sumber air artesis yang terdapat di samping rumah Bapak Putut.

Air artesis tersebut diberikan secara percuma kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka. Terutama di musim kemarau seperti sekarang ini, banyak sumber air warga yang mengering sehingga mereka kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Ditambah lagi dengan tidak difungsikanya sumur akibat sudah bercampur dan tertutup abu vulkanik gunung Raung.

Bukan hanya warga kelurahan Tegal Besar saja yang mengambil air dari sumber air artesis itu tetapi juga banyak dari warga luar kelurahan yang ikut mengambil air bersih di sana.

Kekeringan yang melanda Jember juga menjadi factor utama warga kesulitan mendapatkan air bersih. Meski harus mengantri dengan yang lain, mereka tetap senang melakukanya karena di sana mereka bisa mendapatkan pasokan air bersih gratis.

Faruq, salah satu warga merasa senang bisa mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air di rumahnya. Apalagi air yang didapatkanya bisa diperoleh secara gratis dari pemilik sumber mata air artesis itu.

Leave a Reply