Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Berkendara dengan Arahan GPS
tips berkendara dengan arahan GPS atau peta digital

Tips Berkendara dengan Arahan GPS

Beritalamongan.com – beberapa hari yang lalu, diberitakan pemudik asal Jakarta mengalami kecelakaan mobil yang dikendarai terjun ke jurang di kawasan Kampung Tagog Pamoyanan, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Pemudik yang akan kembali Jakarta tersebut awalnya tersesat dan tidak tahu harus kemana mengambil arah ke Jakarta. Mereka kemudian memutuskan mengikuti arahan jalan yang ditunjukan aplikasi GPS yang terapasang di smartphonenya. Nahas, sang pengemudi yang tidak mengetahui kondisi jalan akhirnya membawa mobilnya masuk ke dalam jurang yang ada di sisi jalan. Pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut tentu tidak ingin dialami oleh siapa pun.

Lalu bagaimana berkendara dengan arahan GPS yang benar?

Menurut Teguh Prasetya, pengamat telekomunikasi sekaligus ketua dewan pakar indoneisa ICT Forum mengatakan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pengemudi saat memutuskan berkendara dengan arahan GPS. Berikut tips berkendara dengan arahan GPS.

Pastikan GPS atau Peta Digital up to date

Sangat penting untuk melakukan update terhadap GPS atau peta digital dari aplikasi anda. Sebab, versi terbaru dari GPS atau peta digital menunjukan rute yang lebih akurat dari pada versi lama. GPS lama tentu masih belum memiliki data lengkap terkait rute – rute baru yang telah dibangun.

Pilih GPS yang terpercaya

Banyak sekali developer atau pengembang yang membuat peta digital. Ada GPS yang dari China, Amerika, ada pula yang terpercaya ada juga yang tidak. jadi yang memilih GPS tidak boleh sembarangan. Jangah hanya karena asal gratis aja kemudian diunduh dan dipasang pada perangkat anda.

Teguh menambahkan, GPS sering kali menunjukan arah atau rute ke jalan – jalan kecil dan sepi sebagai jalur alternative. Padahal rute tersebut bisa jadi rute yang rawan untuk dilalui. Seperti apa yang dialami oleh pemudik asal Jakarta tersebut yang mobilnya masuk ke jurang karena mengikuti arah yang ditunjukan oleh GPS.

Meski sudah mengikuti atau menggunakan GPS, pengemudi sebaiknya juga tidak melupakan untuk bertanya kepada penduduk sekitar atau supaya lebih yakin dan terpercaya bisa juga bertanya kepada pihak kepolisian setempat untuk menunjukan arah yang benar dan aman untuk dilalui.

Leave a Reply