Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> 5 Makanan yang Buruk untuk Otak
makanan memiliki pengaruh terhadap fungsi otak

5 Makanan yang Buruk untuk Otak

Beritalamongan.com – makan tidak boleh asal makan. Tidak hanya melihat apakah terkandung racun di dalamnya tetapi juga melihat kadar nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Sebab, beberapa makanan memiliki pengaruh terhadap fungsi otak. Bahkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tertentu bisa membuat fungsi kognitif dan memori otak menurun.

Berikut 5 makanan yang buruk untuk otak:

  1. Tahu

Siapa yang mengira tahu, makanan yang biasa dikonsumsi sehari – hari ini ternyata memiliki pengaruh yang buruk bagi otak. Dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal Dementia and Geriatric Cognitive Disorders, ditemukan kaitan antara mengkonsumsi tahu dan resiko penurunan kemampuan kognitif dan memori otak.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 719 responden yang terdiri dari laki – laki dan perempuan di Indonesia. Dari serangkaian tes memori yang dilakukan, responden yang mengkonsumsi lebih dari 9 porsi tahu dalam seminggu lebih beresiko menghadapi tantangan memori.

Kandungan phytoestrogen di dalam tahu diduga sebagai penyebab yang mempengaruhi fungsi otak. Namun hasil penelitian tersebut masih menjadi kontroversi pasalnya, tempe yang di sisi lain juga terbuat dari kedelai malah mampu meningkatkan memori otak.

  1. Sodium

Menurut penelitian, mengkonsumsi sodium terlalu banyak memiliki dampak negative terhadap kemampuan kognitif. Selain itu, sodium juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Sodium banyak dikaitkan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Contoh makanan yang mengandung sodium adalah garam.

  1. Lemak trans

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Plos One, mengkonsumsi terlalu banyak lemak trans dapat menurunkan fungsi memori otak. Dalam penelitian yang melibatkan 1018 responden, mereka yang mengkonsumsi lemak trans berlebih hanya mampu mengingat 65 kata. Sementara rata – ratas peseta mampu mengingat 86 kata.

  1. Ikan

Ikan sebenarnya memiliki banyak nutrisi penting yang sangat penting untuk tubuh termasuk otak. Kandungan omega 3 adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kecerdasan otak. Tapi siapa yang mengira dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Medicine Intergrative, mengkonsumsi lebih dari tiga porsi jenis ikan dalam jumlah banyak bisa menurunkan fungsi kognitif otak. Jenis ikan yang dimaksud yakni tuna, kerapu dan kakap.

Penelitian mengungkapkan kandungan merkuri yang terdapat di dalam ikan adalah yang memicu resiko penurunan fungsi otak. Dari penelitian yang melibatkan 384 responden yang makan makanan laut kemudian menjalani serangkaian tes, orang dengan kadar merkuri tinggi di dalam darahnya memiliki kemampuan kognitif yang buruk.

  1. Lemak jenuh

Dari penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neuropharmacology, mengkonsumsi tinggi lemak jenuh bisa mempengaruhi fungsi system dopamine mesolimbic yang merupakan bagian penting dari otak yang berfungsi mengontrol motivasi dan suasana hati. Gangguan yang sering terjadi adalah suasanan hati yang buruk.

Leave a Reply