Home >> Olahraga >> Gigi: Ada Berbagai Masalah dengan Motor Ducati

Gigi: Ada Berbagai Masalah dengan Motor Ducati

Beritalamongan.com – besarnya kekuatan mesin motor Ducati memang sudah banyak diakui olah banyak orang. Apalagi ketika melibas track lurus yang panjang, kemampuan motor buatan italia tersebut sudah pasti sangat diperhitungkan. Akan tetapi tidak demikian ketika mulai memasuki tikungan. Beberapa rider yang terjun di MotoGP pun mengakui masalah tersebut.

Selepas Casey Stoner berhasil menjadi juara dunia dengan motor Ducati tidak ada lagi nama pebalap lain yang berhasil membawa tim yang dominan dengan warna merah tersebut menjadi pengumpul poin yang terbanyak di MotoGP.

Bahkan pebalap sekaliber Valentino Rossi pun gagal bersinar dengan motor buatan italia tersebut. Tercatat beberapa kali saja Rossi berhasil naik podium namun poin yang dikumpulkanya masih terlampau jauh dari title juara.

Rossi yang dikenal piawai dalam melibas tikungan tampak kurang begitu greget ketika menunggangi Ducati. Ekspektasi yang tinggi dari public italia yang ingin melihat orang italia Berjaya dengan motor sendiri tidak bisa dijawab oleh pebalap yang menyukai nomor 46 itu.Dua musim bersama Ducati, Rossi kembali lagi dirangkul tim Yamaha.

Kini di MotoGP 2015, Ducati memilliki dua pebalap andalan yakni Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Dengan motor baru, Ducati Desmosedici GP15, tim Ducati memiliki harapan tinggi akan kembali Berjaya di MotoGP. Harapan tersebut semakin tinggi ketika melihat performa motor Ducati Desmosedici GP15 yang diklaim lebih baik dari pada GP14. Bahkan pebalap kedua mereka, Iannone, berhasil naik podium di seri Mugello. Sementara Dovi yang diplot sebagai pebalap utama gagal finish. Meskipun gagal, namun performa dari rider tersebut patut diperhitungkan. Motor baru Ducati diklaim sudah setara dengan para rival mereka seperti Honda dan Yamaha.

Namun selepas seri Mugello, performa Ducati tampak lesu. Ianonne memang berhasil berada di rombongan depan tetapi masih belum bisa memberikan poin yang cukup untuk mendekatkan diri ke podium juara. Begitu pun dengan Dovi, meski di beberapa race terakhir berhasil mendekati pole, tetapi dia malah beberapa kali gagal finish. Diakuinya kegagalanya adalah karena ada masalah dengan motor Ducati. Manajer tim Ducati, Gigi Dall’lgna, juga mengakui hal tersebut.

Diungkapnya Desmosedici GP15 memang tampil lebih baik dari pada motor seri sebelumnya. Tetapi ada beberapa masalah yang belum bisa dipecahkan GP15. Masalah utama Ducati yakni kemampuan motor untuk sliding dan grip yang dapat mencengkeram maksimal pada sudut kemiringan.

Masalah tersebut disadari menjadi masalah utama bagi kedua pebalapnya sehingga mereka kehilangan banyak poin di beberapa seri yang tersisa sebelum rehat paruh musim tiba.

Leave a Reply