Home >> Peristiwa >> Kawasan Puncak Makin Macet
rekayasa lalu lintas satu arah di kawasan puncak

Kawasan Puncak Makin Macet

Beritalamongan.com – Selasa (21 / 7 / 2015), arus lalu lintas dari dan menuju puncak masih mengalami kemacetan. Kepadatan kendaraan di kawasan Puncak bahkan terjadi mulai dari pintu keluar gerbang tol Ciawi sampai Simpang Gadog. Kendaraan yang semakin siang semakin bertambah membuat jalur semakin padat dengan kendaraan. Petugas satlantas akhirnya terpaksa memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah untuk mengurai kemacetan.

Terpantau sejak pukul 05.30 WIB tadi pagi ribuan kendaraan terus berdatangan hingga menyebabkan kemacetan yang mengekor hingga 15 km. kemacetan tidak hanya terjadi pada jalur menuju Puncak tetapi juga jalur menuju Jakarta.

Kendaraan roda empat dan bus pariwisata asal Jakarta masih mendominasi jalur menuju puncak. Antrian panjang kendaraan ini bahkan sampai 15 kilometer mulai dari pintu keluar gerbang Tol Ciawi hingga Simpang Gadog.

Petugas Satlantas Polres Bogor berupaya keras untuk mengurai padatnya lalu lintas dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah dari Puncak menuju Jakarta mulai dari pukul 08.00 WIB. Namun karena membludaknya kendaraan, arus lalu lintas pun masih belum bisa kembali normal.

Padatnya lalu lintas di kawasan Puncak ini bukan hanya karena banyak pemudik yang kembali dengan melintasi jalur selatan tetapi juga karena banyak warga yang pulang dari berlibur yang juga melintasi jalur tersebut. Siang tadi volume kendaraan semakin tinggi mengingat banyak warga yang mulai berdatangan dari berbagai daerah karena hari juga adalah hari terakhir libur nasional.

Mereka yang bekerja atau memiliki tempat kerja di ibu kota mulai kembali lagi dan bersiap untuk memulai aktivitasnya kembali di Jakarta. Sementara warga yang pulang berlibur bersama keluarga juga telah bersiap untuk mengajak anak – anak mereka mempersiapkan segala kebutuhan sekolah.

Dari informasi yang dilaporkan oleh NTMC Polres Bogor, sejak hari ketiga pasca lebaran sudah tercatat ada sekitar 50 ribu kendaraan yang keluar masuk melintasi jalur puncak. Melihat semakin banyaknya volume kendaraan yang berdatangan, diperkirakan hari ini merupakan puncak dari arus balik. Dengan masih diberlakukanya arus lalu lintas satu arah, maka pengguna jalan terpaksa harus menunggu untuk dibukanya kembali jalur menuju arah Puncak.

Leave a Reply