Home >> Otomotif >> Mobil >> Cara Merawat Stiker Mobil Supaya Awet
Cara merawat stiker mobil supaya awet

Cara Merawat Stiker Mobil Supaya Awet

Beritalamongan.com – punya mobil keren adalah kepercayaan diri. Tetapi jika pas nongkrong kemudian ada mobil lain yang nyamain jadinya kurang kece lagi. Hal tersebut tentu bisa mengganggu tampang yang sudah keren. Inginya terlihat berbeda jadinya malah mati gaya kalau ada ngembarin. Kalau memutuskan untuk mengecat mobil, sayang juga dengan cat aslinya. Kalau sudah seperti ini jalan yang paling sering diambil adalah memodifikasinya dengan memberikan stiker mobil yang lain dari pada yang lain.

Stiker mobil memang bisa menjadi solusi yang brilian untuk mengubah tampang mobil sesuai gaya pemiliknya. Tetapi masalahnya adalah kebanyakan stiker mobil tidak bisa bertahan lebih lama dari pada cat atau stiker asli dari pabrikan. Warna yang ngejreng biasanya hanya akan terlihat di awal saja tetapi jika sudah lama, warna stiker tersebut akan memudar. Jika sudah seperti ini, stiker terpaksa harus dilepas.

Cepat atau lambatnya keusangan stiker tersebut juga tergantung dari pemakaian dan perawatan mobil. Ketika mobil sering berhadapan langsung dengan panasnya sinar matahari maka warna stiker pun juga akan menadi cepat usang.

Lalu bagaimana supaya stiker mobil tetap awet?

Cara merawat stiker mobil supaya awet sebenarnya tidaklah terlalu susah. Menurut Robi, pemilik toko Mandiri Stiker, memberikan tips supaya stiker mobil awet.

Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Membiarkan mobil terpapar sinar matahari langsung terlalu lama bisa membuat stiker mobil mudah usang. Warna stiker perlahan akan mulai memudar. Kondisi tersebut bisa membuat mobil terlihat lebih buruk. Jadi sebaiknya, ketika pergi keluar dengan mobil pilihlah tempat parkir yang teduh atau yang ada pelindung dari paparan sinar matahari supaya stiker mobil awet.

Jangan dipoles

Salah satu upaya untuk membuat cat mobil kembali bersinar adalah dengan memolesnya. Tetapi keseringan memoles tidak baik untuk stiker mobil. Jenis stiker glossy memang bisa dipoles dan wax tetapi jika terlalu sering dipoles juga tidak baik untuk stiker tersebut. Selain warnanya bisa memudar, memoles stiker mobil juga bisa membuat stiker mudah mengelupas dari body mobil apalagi untuk stiker yang detail dan ukuranya kecil.

Hindari cuci steam

Mencuci mobil dengan system steam bisa membuat stiker mobil mudah mengelupas apalagi jika pemasangan stiker tersebut kurang bagus. Bagian pinggir yang terkena kerasnya semprotan air bisa membuat stiker bisa tanggal. Oleh karena itu sebaiknya hindari mencuci mobil dengan system steam.

Gunakan minyak tanah

Terkadang kotoran yang menempel pada body dan stiker mobil sangat susah untuk dihilangkan terutama pada bahan karbon dan doft. Melakukan pencucian dengan sabun saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran tersebut. Jika sudah seperti ini jangan mencoba untuk menggosoknya dengan keras sebab itu bisa merusak stiker. Gunakan minyak tanah untuk mengangkat kotoran yang membandel tersebut. Jika kotoran sudah hilang baru dibilang dengan sabun supaya bau minyak tanah hilang.

Perawatan yang benar terhadap cat maupun stiker mobil bisa membuatnya mejadi lebih awet.

Leave a Reply