Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Usus
gejala kanker usus

Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Usus

Beritalamongan.com – penyakit yang ada di dalam tubuh terkadang tidak mudah dideteksi karena tidak terlihat langsung oleh pandangan mata. Tetapi bukan berarti penyakit tersebut tidak bisa diketahui. Seperti salah satunya adalah kanker usus. Meski letaknya ada di bagian dalam tubuh, namun ada gejala atau tanda – tanda yang bisa diketahui.

Menurut Hardianto Setiawan, Dokter Spesialis penyakit dalam, gejala kanker usus ditandai dengan seringnya mengalami sembelit kemudian darah terlihat di dalam kotoran. Kondisi biasanya akan semakin diperparah dengan sembelit yang makin sering terjadi. Kerasnya tekstur kotoran saat sembelit akan menimbulkan gesekan dengan kanker tersebut sehingga akan membuat kondisi kian memburuk. Kondisi tersebut sebaiknya jangan diremehkan. Jika sudah mengalami beberapa gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

“kalau menemukan darah di kotoran saat buang air besar (BAB), sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter guna mengantisipasi kemungkinan kanker usus besar terutama bagi yang sudah usia 50 tahun ke atas,” kata Hardianto.

Orang yang sudah berusia 50 tahun ke atas memang lebih beresiko menderita kanker usus apalagi bagi mereka memiliki riwayat infeksi usus besar, polip, kanker dalam keluarga, atau faktro genetic. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga mereka yang masih usia muda mengalami kanker usus besar juga. Mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat beresiko tinggi mengalami kanker usus besa.

Dokter dan para pakar kesehatan lainya selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Makanan yang kaya tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya kesehatan pencernaan.

Dokter Hardianto menambahkan, selain beberapa gejala kanker usus yang telah disebutkan di atas masih ada gejala lain untuk kondisi kanker yang sudah lanjut. Gejalanya bisa ditandai dengan rasa keram atau nyeri perut, lemah seperti penderita anemia akibat pendarahan dan penurunan berat banda tanpa sebab yang jelas.

Sebelum mengalami gejala kanker usus yang lanjut, sebaiknya ketahui sejak dini gejala kanker usus seperti yang sudah disebutkan di atas. Sembelit kemudian mengeluarkan darah adalah gejala dini kanker usus yang perlu diwaspadai dan apabila sudah terjadi sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih pasti tentang kondisi tersebut. Darah yang terdapat pada feses juga bisa termasuk salah satu tanda atau gejala dini ambeyen. Jadi, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply