Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Traveloka: Agen Travel Terpercaya atau Penipu?

Traveloka: Agen Travel Terpercaya atau Penipu?

Para traveller saat ini mempunyai banyak pilihan transportasi untuk melakukan perjalanan ke tempat tujuan mereka. Mereka bisa memilih menggunakan kereta api, bis, kapal laut atau pesawat terbang dan juga bisa memilih apakah memesan tiket secara langsung atau secara online. Bagi sebagian orang, memesan tiket secara online memunculkan perasaan khawatir akan adanya penipuan. Pada kenyataannya, tidak semua agen travel adalah pelaku penipuan. Salah satu agen travel yang terpercaya dimana traveller bisa memesan tiket secara online adalah Traveloka.com. Saya memiliki tiga alasan mengapa Traveloka bukanlah agen travel penipu. Ketiga alasan tersebut adalah Traveloka adalah badan usaha resmi berbentuk Perseroan Terbatas, harga tiket yang sebanding dengan agen travel lain dan menggunakan fasilitas media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+.

Pertama-tama, Traveloka adalah badan usaha resmi yang berlandaskan hukum berbentuk Perseroan Terbatas. Seperti kita ketahui, persyaratan mendirikan Perseroan Terbatas tidaklah mudah dan banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa diantara persyaratannya adalah pengurus atau pemegang saham harus menyerahkan fotokopi KTP, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan akta pendirian dari notaris yang disahkan oleh Menteri Kehakiman. Dengan demikian, dokumennya sangat lengkap dan pemilik atau pengelolanya tercantum dengan sangat jelas. Sangat riskan seandainya Traveloka melakukan penipuan karena data-data dan identitas pemilik akan dengan mudah dilacak dan sampai saat ini, Traveloka memiliki review yang baik dan terpercaya.

Berikutnya, harga pemesanan tiket yang sebanding dengan agen travel lain. Harga pemesanan tiket yang sebanding merupakan satu indikasi bahwa agen tersebut tidak melakukan penipuan. Harga pemesanan tiket yang ditawarkan Traveloka lebih murah tetapi masih sebanding dengan agen travel lain. Saya ambil contoh penerbangan ke Singapura untuk tanggal 13 September 2014. Di website pegipegi, harga pemesanan tiket termurah ke Singapura adalah Rp. 284.000 dengan penerbangan Mandala Tigerair dan di website nusa trip, harga pemesanan tiket termurah adalah Rp. 242.000. Traveloka menawarkan harga Rp. 239.000 dengan penerbangan yang sama. Traveloka bisa mendapatkan harga khusus dari pihak penerbangan sehingga bisa menawarkan tiket dengan harga yang lebih murah. Selain itu, sistem pemesanan online yang dilakukan mampu menghemat biaya operasional sehingga bisa menekan harga tiket. Hal itu menggambarkan bahwa harga yang ditawarkan lebih murah tapi masih sebanding dengan agen travel lain.

Yang terakhir, Traveloka menggunakan fasilitas sosial media seperti Facebook, Twitter dan Google+. Penggunaan fasilitas sosial media adalah merupakan keharusan di segala jenis usaha pada saat ini termasuk di bidang agen travel. Sosial media berfungsi sebagai wadah untuk berinteraksi antara konsumen dan pemilik atau pengelola usaha. Traveloka juga memanfaatkan fasilitas sosial media dalam menjalankan usahanya sehingga para calon konsumen bisa mengetahui dengan jelas aktifitas Traveloka. Dengan mengetahui aktifitas Traveloka, mereka bisa menilai apakah Traveloka adalah agen travel yang terpercaya atau bukan. Sampai saat ini, sudah terdapat lebih dari 172.000 orang yang menyukai Traveloka di Facebook Page dan terdapat lebih dari 8000 pengikut Traveloka di Twitter. Sedangkan di Google+, terdapat lebih dari 54000 pengikut Traveloka. Data-data yang meyakinkan di sosial media menggambarkan bahwa Traveloka dipercaya oleh para konsumen dan para calon konsumen.

Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat saya simpulkan bahwa Traveloka adalah agen travel yang terpercaya dan bukan penipuan. Hal ini berdasarkan tiga alasan yaitu Traveloka berbadan hukum Perseroan Terbatas, menjual pemesanan tiket dengan harga sebanding dengan agen travel lain dan menggunakan fasilitas sosial media.

Leave a Reply