Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Antara Mistis Dan Eksotis, Pantai Parangtritis Jogjakarta

Antara Mistis Dan Eksotis, Pantai Parangtritis Jogjakarta

Perjalanan trip ke jogjakarta boleh jadi perjalanan wisata favorit anda. selain cukup murah, perjalanan budaya ke kota klasik ini akan cukup menarik terlebih ketika malam hari tiba. Namun sajian eksostis dibarengi dengan mitos mistis pantai laut selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Turris yang berkunjung pun banyak, baik dari lokal maupun mancanegara sekalipun yang ingin mengetahui kebenaran pantai yang indah milik kota jogja. Sebut saja Pantai Parangtritis, tempat berair yang paling populer di kota jogja. Banyak sekali turis dengan destinasi jogjakarta membiacarakan obyek wisata ini meskipun saat pertama kali tiba menginjakkan kaki di kota budaya ini.

Pantai wisata dengan letak pasti 27 km dari selatan pusat kota jogja memiliki akses yang sangat mudah untuk bisa meraih tempat tersebut. terletak di jalan parangtritis km 28, yogyakarta, dapat dicapai dengan banyak pilihan kendaraan umum yang biasanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB atau dengan menggunakan akses bus trans jogja yang beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Areal yang luas dari Pantai Parangtritis ini kemudian hanya akan bisa disentuh secara dekat dengan berjalan kaki kurang lebih 5 menit karena harus melewati pasar, penginapan dan rumah makan yang penuh sesak.

Anda akan bisa menemukan momen menarik ketika berkunjung ke tempat wisata ini menjelang petang tiba, alias ketika pemandangan sunset menyambut. Pemandangan yang disambut bau khas pantai laut selatan dengan hembusan deras angin disertai ombak yang cukup ramai di pesisir pantainya. Momen romantis yang dinanti-nanti ini tentu akan nikmat jika dinikmati dengan naik delman pantai yang sengaja disewakan oleh penduduk sekitar untuk berkeliling menikmati suasana asli Pantai Parangtritis. Namun jika anda datang terlalu dini di pantai wisata ini, jangan kuatir. Sempatkanlah waktu anda menunggu sunset dengan berkunjung ke bukit gembirawati di belakang pantai. Bukit ini akan menyediakan pemandangan pantai lepas parangtritis yang menakjubkan anda bisa puas mengabadikan momen di atas bukit ini. sisi mengasyikkan akan lebih terasa jika anda menghabiskan wktu bersama pasangan di tempat ini.

Jangan salah, tempat wisata pantai laut selatan ini juga memiliki sisi mistik tersendiri sehingga menambah nilai unggul pantai ini. terdapat satu folklor yakni penduduk yang percaya bahwa pelarangan untuk memakai pakaian berwarna hijau jika berkunjung ke sekitar Pantai Parangtritis. Mitos mistis ini saat ketat dijaga para penduduk da disebarluaskan ke para pengunjung untuk ikut mematuhi tradisi tersebut. Dipercayai bahwa pakaian berwarna hijau ini akan mengindikasikan kemurkaan nyi roro kidul sebagai penguasa laut selatan dan orang yang memakai pakaian tersebut akan mendapatkan celaka. Meskipun mengerikan dan berbau tahayul, pantai ini tetap ramai dikunjungi bahkan akan penuh sesak ketika malam tahun baru jawa (1 muharram/1 suro) menjelang.

Leave a Reply