Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Nol Kilometer Aceh

Nol Kilometer Aceh

Tentang Nol Kilometer Aceh

Apa Itu Nol Kilometer Aceh?

Banyak dari Anda tentu sudah pernah mendengar tentang tugu Nol Kilo Meter Aceh. Tugu ini juga biasa disebut dengan monumen Kilometer Nol. Pada kenyataannya ini merupakan sebuah penanda unik geografis di Aceh. Banyak yang menganggap bahwa tugu tersebut sebagai sebuah simbol pemersatu bangsa dan nusantara baik dari Sabang sampai Merauke. Tugu ini juga dianggap sebagai sebuah penanda ujung terjauh dari bagian barat negara Indonesia namun tentu saja juga menjadi sebuah tempat wisata menarik baik itu untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentu saja Anda akan mengalami kepuasan dalam berkunjung ke tugu tersebut. Disebut nol kilometer karena memang ada sebuah titik dimana Anda dapat berdiri. Itu terbuat dari lingkaran semen yang mana memiliki diameter 50 cm. Banyak yang sering berfoto pada tempat tersebut.

Lebih Jauh Tentang Tugu Nol Kilometer

Apabila membicarakan mengenai lokasi, tugu ini terletak disekitar area hutan wisata didaerah Sabang. Untuk lebih tepatnya, tugu ini terletak pada desa lboih Ujong Ba’u. Ini merupakan Kecamatan Sukakarya. Ini berjarak sekitar 5 kilometer dari lboih. Bila menggunakan kendaraan, Anda akan menjumpai bahwa akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit menuju kesana yang mana berada pada sebelah barat kota Sabang yang berjarak 29 kilometer. Anda tak perlu khawatir mengalami kebosanan dalam melakukan perjalanan menuju tugu tersebut karena pemandangan alam yang tersedia amatlah mumpuni sehingga memberikan Anda rasa takjub sepanjang perjalanan. Bahkan pada perjalanan tersebut Anda akan mampu melihat beberapa kera yang mana akan selalu menunggu Anda untuk memberikan makanan.

Setelah sampai pada tempat tujuan. Anda dapat pula menikmati pemandangan dari atas tugu tersebut. Ini merupakan hal yang menawan. Ada bentangan lau biru tak terbatas yang dapat Anda lihat dari atas sana. Banyak juga yang menunggu hari lebih gelap untuk menikmati sunset disana. Matahari terbenam di laut Samudra Hindia tentu menjadi hal yang menarik untuk dinikmati bukan? Membawa kekasih menikmati pemandangan tersebut tentu merupakan ide yang bagus. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 22,5 meter. Tugu ini memiliki bentuk lingkaran berjeruji.

Mengenai fungsi, dulu dan hingga sekarang tugu ini sudah menjadi simbol pengenang keberagaman dan pemersatu bangsa Indonesia. Pada lantai utama monumen tersebut, Anda dapat melihat sebuah pilar bulat yang mana ada sebuah prasasti peresmian tugu tersebut. Prasasti ini ditandatangani oleh wakil presiden Try Sutrisno di Banda Aceh. Peresmian tersebut dilakukan pada tanggal 9 September 1997. Bila ditilik pada prasasti, Anda akan membaca sebuah penetapan posisi geografis negara Indonesia yang sudah diukur secara resmi bahkan dengan teknologi GPS. Sedangkan prasasti kedua bertuliskan mengenai posisi geografis tempat tersebut. Tentu ini menjadi tempat kunjungan wisata yang mumpuni bukan?

Indonesia adalah negara yang menawarkan banyak sekali pilihan tempat wisata yang unik. Ini tentu akan membuat Anda tertarik untuk mencoba daerah lainnya dari Indonesia. Terutama bagi turis asing, Indonesia tentu menawarkan sejumlah pilihan tentang bagaimana mencari tempat wisata terbaik. Di Sumatra, selain tugu nol kilometer Aceh, tentu masih banyak tempat lainnya yang menarik. Sumatra merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia. Ini merupakan pulau dari bermacam gunung vulkanik, mata air panas, hutan yang belum dijelajahi dan perkebunan yang luas. Banyak tempat seperti Danau Toba, Desa Lingga, Fort de Kock Bukittinggi, dan lainnya yang dapat menjadi alternatif pilihan berwisata. Lalu apa pilihan Anda?

Leave a Reply