Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Aman Melintasi Jembatan Suramadu

Tips Aman Melintasi Jembatan Suramadu

Beritalamongan.com – datangnya awal musim kemarau selalu ditandai dengan kondisi cuaca yang berangin. Kecepatan angin biasanya mengalami peningkatan. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi tinggi gelombang. beberapa perjalanan laut terkadang terpaksa dihentikan sementara apabila angin sedang bertiup dengan kencang. Tidak hanya bagi pengguna perjalanan laut tetapi juga perjalanan darat yang menyeberangi laut seperti di jembatan Suramadu. Apabila kecepatan angin melebihi batas aman yang telah ditetapkan maka pihak petugas akan menutup total akses jembatan tersebut.

Di musim mudik lebaran seperti sekarang ini, kondisi cuaca buruk di selat Madura membuat perjalanan pemudik yang melintasi jembatan Suramadu menjadi kurang nyaman. Goncangan angin akan sangat terasa pada kendaraan baik yang menggunakan mobil atau pun yang menggunakan sepeda motor.

Berikut tips aman melintasi jembatan Suramadu:

Patuhi petunjuk yang diberikan petugas

Supaya perjalanan melintasi jembatan Suramadu tetap aman, sebaiknya perhatikan dan patuhi petunjuk yang diberikan oleh petugas. Bahkan petugas tidak segan – segan akan menutup jalur hingga batas waktu yang tidak ditentukan apabila kondisinya tidak memungkinkan untuk dilewati. Seperti yang terjadi pada H-4 kemarin, petugas sempat menutup jalur roda dua karena kecepatan angin sudah melebihi batas.

Menurut kepala gerbang tol jembatan Suramadu, Suharyono, apabila kecepatan angin lebih dari 40 kilometer per jam maka akan dilakukan penutupan untuk jalur roda dua. Dan apabila kecepatan angin lebih dari 60 kilometer per jam, maka semua jalur akan ditutup termasuk jalur roda empat.

Perhatikan rambu – rambu lalu lintas di atas jembatan

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi saat melintasi jembatan Suramadu. Salah satunya ketika ada rambu – rambu larangan berhenti maka jangan menghentikan kendaraan di atas jembatan. Beberapa orang yang melintasi jembatan Suramadu memang kerap berhenti di tengah jalur hanya untuk mengambil gambar. Kegiatan tersebut sangat mengganggu pengguna jalan yang lain dan sangat beresiko untuk terjadi kecelakaan.

Perlambat kendaraan

Jalanan jembatan yang mulus, lurus dan panjang kerap membuat pengguna jalan terlena sehingga tidak sadar mereka telah memacu kendaraanya melebihi batas kecepatan yang aman. Ingat, jembatan Suramadu ini merupakan jembatan yang membentang di atas lautan. Kecepatan angin di atas laut bisa berpengaruh besar pada keseimbangan kendaraan. Bukan hanya motor tetapi juga mobil. Hempasan angin bisa membuat kendaraan kehilangan keseimbangan hingga akhirnya sulit untuk dikendalikan. Tabrakan dengan kendaraan lain, keluar jalur bahkan mungkin juga tercebur ke laut adalah resiko yang membayangi. Demi keselamatan perjalanan, perlambat kendaraan apabila kondisi angina tau cuacanya buruk. Dan tetap perhatikan kecepatan kendaran jangan sampai melebihi batas aman kecepatan.

Leave a Reply