Home >> Berita Jatim >> Abu Raung Batalkan Ratusan Penerbangan
bandara Juanda Surabaya ditutup karena erupsi gunung Raung

Abu Raung Batalkan Ratusan Penerbangan

Beritalamongan.com – sejak kamis siang (16 / 7 / 2015) bandara Juanda Surabaya ditutup karena erupsi gunung Raung. Abu vulkanik Raung membumbung tinggi hingga ke langit. Sangat berbahaya bagi pesawat untuk terbang dengan kondisi yang tidak baik tersebut. Akibatnya ribuan penerbangan terpaksa dibatalkan.

Terpantau ada 222 penerbangan dari berbagai maskapai yang batal berangkat. Sekitar 27 ribu calon penumpang terpaksa menunggu di bandara hingga ada keputusan yang pasti dengan jadwal keberangkatan. Namun PT Angkasa Pura I Surabaya juga belum bisa memastikan sampai kapan penundaan keberangkatan itu akan berlangsung. Mereka masih terus memantau kondisi alam yang terjadi akibat erupsi gunung Raung.

Hingga petang ini, terlihat ribuan calon penumpang tersebut memenuhi mengantre di loket check in dan customer service maskapi untuk melakukan refund dan reschedule penerbangan. Kondisi tersebut menyebabkan antrean menumpuk di sekitar ruang check in bandara.

Keputusan penundaan penerbangan ini terpaksa diambil sebagai upaya untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan sekaligus demi keamanan dan keselamatan penumpang. Apalagi calon penumpang didominasi oleh para pemudik yang ingin segera pulang ke kampung halamanya. Kondisi tersebut mau tidak mau harus mereka terima. Ini artinya jadwal kepulangan mereka juga tertunda beberapa waktu. Namun pilihan tersebut jauh lebih baik dari pada memaksakan untuk terbang dan mengambil resiko yang lebih buruk lagi.

Debu vulkanik gunung Raung sangat berbahaya bagi pesawat. Apabila debu tersebut masuk ke mesin maka bisa menyebabkan gangguan mesin. Akibatnya tentu pada laju pesawat di udara. Hal yang demikian itulah yang dihindari oleh setiap maskapi dan pihak operasional bandara.

Janus Suprayogi, General Manager PT Angkasa Pura I Surabaya mengatakan, “ keputusan menutup operasional bandara Juanda ini adalah demi menjaga keselamatan dan keamanan penumpang. Debu vulkanik dari gunung raung sangat membahayakan pesawat.”

Untuk memberikan pelayanan kepada penumpangnya, pihak maskapai penerbangan menyiapkan moda transportasi darat dengan kereta dan bus sebagai alternative bagi penumpang apabila bandara Juanda akan ditutup hingga jumat esok.

Leave a Reply