Home >> Wisata >> Info dan Tips >> TIPS Ke Aceh

TIPS Ke Aceh

Aceh menyimpan banyak keistimewaan destinasi wisata, sejarah, budaya, kuliner dan hal menarik lainnya. Sehingga propinsi ini layak menjadi tujuan liburan anda selanjutnya. Akses transportasi yang mudah, bisa ditempuh dengan perjalanan darat, pesawat udara dan kapal. Supaya petualangan anda lebih seru, ajak pasangan, keluarga atau sahabat anda.

Aneka tips liburan di Aceh

Sejuta pesona ditawarkan oleh Aceh, tak heran bila wisatawan domestik dan manca negara banyak berdatangan ke provinsi paling barat ini. Aceh dikenal sebagai daerah istimewa yang menerapkan syariat Islam. Sehingga norma agama, adat istiadat dan norma susila sangat dipegang teguh dan dijalankan dengan baik. Sebaiknya ketika anda bertamasya ke Aceh juga mengikuti norma tersebut, sebagai wujud toleransi dan menghargai masyarakat setempat. Berikut ini beberapa tips ke Aceh yang bisa anda terapkan.

–          Berbusana rapi, sangat penting terutama anda harus menutup aurat dengan baik. Tindakan ini sebagai wujud menghargai sistem syariat Islam yang diterapkan di Aceh. Jadi, jangan memakai baju terbuka dan ketat. Karena bisa saja anda terjaring razia pemerintah setempat. Kalau sudah begitu agenda traveling anda akan terganggu. Bagi wanita usahakan anda mengenakan penutup kepala. Bila anda seorang muslim, bisa kenakan jilbab atau kerudung. Turis domestik bahkan diwajibkan memakai jilbab, sedang turis asing boleh tidak mengenakan jilbab dengan syarat berbusana rapi.

–          Bila anda dan pasangan belum terikat tali pernikahan, sebaiknya tidak pergi bersama melebihi jam 10 malam. Kecuali kalau anda perginya beramai-ramai, hal ini tidak akan bermasalah.

–          Bila anda berwisata dengan pasangan dan sudah menikah, sebaiknya membawa buku nikah sebagai legalitas atau bukti bila anda tertangkap razia.

–          Bagi anda kaum wanita jangan sekali-kali duduk ngangkang, ketika membonceng motor. Karena tindakan ini dilarang keras di Aceh dan melanggar peraturan setempat. Anda bisa ditangkap oleh petugas berwenang di Aceh, bila melanggar peraturan ini.

–          Sebaiknya anda susun agenda ke Aceh jauh-jauh hari. Seperti kita ketahui banyak sekali orang yang ingin menikmati keindahan alam Aceh beserta ragam budaya dan kekhasan daerah ini. Memesan tiket lebih awal, menjauhkan anda dari antrian panjang yang melelahkan. Persiapan lebih awal, membuat anda berkesempatan memperoleh tiket lebih murah.

–          Susun juga rencana kunjungan anda ke tempat wisata di Aceh. Karena banyak sekali panorama indah yang bisa anda kunjungi, sebaiknya anda mempunyai agenda dengan runtut. Sehingga dalam satu hari anda bisa mengunjungi tempat wisata lebih banyak di daerah yang berdekatan.

–          Jangan lupa juga anda sebaiknya memakai tabir surya, guna melindungi paparan sinar matahari. Karena cuaca di Aceh sangat panas, sehingga bisa membakar kulit anda.

Paket tour atau backpaker ?

Petualangan anda di Aceh bisa dilakukan dengan backpaker atau memakai jasa tour & travel atau biro perjalanan. Jika anda tidak ingin ribet dengan segala transportasi, penginapan, makan dan sebagainya anda bisa mengikuti program biro perjalanan. Kekurangannya anda hanya bisa mengunjungi tempat yang telah ditentukan dengan waktu yang terbatas.

Pergi dengan cara backpaker, anda tidak dibatasi oleh waktu dan tempat mana saja yang ingin anda kunjungi. Asalkan anggaran anda masih mencukupi, anda bisa berlama-lama berpetualang di Aceh. Tapi anda harus memahami dengan baik daerah yang akan anda kunjungi, pilihan transportasi, tempat menginap dan lain sebagainya yang harus anda tentukan sendiri.

Leave a Reply