Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Etika Ketika Naik Transportasi Umum

Etika Ketika Naik Transportasi Umum

Bersikap Sewajarnya Ketika Naik Transportasi Umum

Semua orang pasti sudah tahu atau pernah mencoba berbagai jenis transportasi umum. Mulai dari bis, kereta api, kapal feri, pesawat terbang, MRT, KTX atau bahkan trem. Jika anda sedang berplesiran ke negara maju dan pastinya memiliki kondisi transportasi yang sangat baik, pasti anda diharuskan untuk punya etika saat berada di tempat umum.

Berbeda dengan kondisi di negara maju, di Indonesia sendiri kesadaran untuk beretika dalam menaiki transportasi umum masih sangat rendah. Kalau kita sedang menaiki kendaraan pribadi, maka kita harus mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Namun bagaimana jika kita menaiki transportasi umum? Menaiki transportasi umum pun juga ada etikanya.

Transportasi masal bisa digunakan oleh ribuan orang dalam sehari. Itu berarti ribuan orang dengan berbagai sifat pun berkumpul. Sehingga jika anda sedang menggunakan transportasi umum baiknya juga memikirkan orang lain dan tidak egois karena yang menggunakan transportasi publik bukan hanya anda saja.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan di dalam kendaraan transportasi publik. Bisa anda praktikan saat melancong di negara orang lain atau bahkan di negara sendiri. Siapa tahu saja sebuah kebiasaan baik ini bisa ditularkan kepada orang orang disekitar anda. Inilah sedikit tips yang akan kami sampaikan:

• Berjalanlah di sebelah kiri.

Jika anda sedang berjalan, usahakanlah berjalan di sebelah kiri. Selain agar tidak bertabrakan dengan pejalan lain yang datang dari awah berlawanan, berjalan di sebelah kiri pun tidak akan menghambat jalan orang lain yang lebih cepat. Biasanya orang yang berjalan lebih cepat akan mengambil sisi kanan. Jika anda hanya berjalan santai saja, kami sarankan berjalanlah di sisi kiri.
Selain dalam berjalan, berada di sebelah kiri pun sangat penting ketika menggunakan eskalator. Di beberapa negara maju, contohnya di Singapura, sisi kiri eskalator digunakan untuk orang yang berjalan santai. Sedangkan sisi kanannya sengaja dikosongkan dan hanya digunakan untuk orang orang yang memang berjalan dengan cepat.

• Usahakan untuk selalu memprioritaskan penumpang yang akan turun dari kendaraan.

Sebisa mungkin berilah dulu jalan untuk penumpang yang ingin turun dari kendaraan umum. Karena jika penumpang sudah turun maka dengan mudah anda naik dan tempat di dalam kendaraan pun sudah agak kosong setelah penumpang turun. Jangan buru buru naik jika penumpang yang akan turun belum sepenuhnya turun, karena akan menyebabkan keributan di pintu kendaraan. Namun hal ini tidak akan terjadi jika pintu keluar dan pintu masuk di bedakan.

• Segeralah masuk ke bagian paling dalam kendaraan umum.

Jika sudah naik ke dalam kendaraam umum, maka berusahalah untuk langsung masuk ke bagian paling dalam. Apalagi jika memang tempat tujuan anda masih jauh. Jika tujuan anda masih jauh namun anda berada di dekat pintu, itu hanya akan menyusahkan orang lain karena anda menutupi jalan keluar mereka. Namun jika tempat tujuan anda dekat maka janganlah terlalu masuk ke dalam kendaraan umum karena akan menyusahkan anda sendiri.

• Berilah tempat duduk prioritas kepada pengguna yang seharusnya.

Usahakanlah untuk selalu memberi tempat duduk kepada wanita hamil, orang tua, orang yang membawa anak kecil, orang yang sedang sakit ataupun kaum difabel. Lebih baik lagi jika anda tidak duduk. Sebagai anak muda yang hitungannya masih kuat, baiknya memberikan tempat duduk yang anda gunakan kepada orang yang lebih tua. Memang dalam prakteknya tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi jika dalam keadaan penuh, pasti malas sekali untuk berdiri. Tapi percayalah jika kebaikan anda nanti pasti suatu saat ada balasannya.

• Tidak membawa banyak barang.

Jika anda sedang berpergian menggunakan kendaraan umum, sebaiknya bawalah satu tas saja. Jangan membawa barang yang banyak. jika anda memang harus membawa barang yang banyak, maka naik taksi saja agar anda pribadi tidak kerepotan di jalan. Jika anda membawa tas, usahakanlah tas yang dibawa tidak terlalu besar. Taruhlah tas anda di lantai sehingga tidak menghalangi atau mengganggu orang lain.

• Mengantrilah

Biasakanlah diri anda untuk mengantri dan jangan pernah menyela barisan. Menyela barisan itu membuat anda seperti kaum yang tidak berpendidikan. Jadi janganlah membuat diri anda malu.

• Siapkan uang pas

Sebelum menaiki tranportasi umum, biasakanlah untuk menyiapkan uang pas. Sebisa mungkin siapkan uang pas agar tidak perlu repot menunggu kembalian karena menunggu kembalian itu sangatlah menghambat atau memperlama waktu perjalanan anda dan orang yang ada di dalam kendaraan umum tersebut.

Itulah beberapa saran kami tentang berperilaku yang baik di dalam kendaraan umum. Semoga bermanfaat dan tetaplah berhati hati di jalan.

Leave a Reply