Home >> Nasional >> Antrean Panjang di Pelabuhan Merak Menahan Pemudik Selama Lima Jam
Antrean panjang pemudik yang akan masuk kapal menahan pemudik lainya di pelabuhan hingga lima jam

Antrean Panjang di Pelabuhan Merak Menahan Pemudik Selama Lima Jam

Beritalamongan.com – beberapa hari yang lalu Pelabuhan Merak, Banten masih terpantau lancar meski jumlah pemudik mulai terjadi peningkatan. Namun hari ini, Rabu (15 / 7 / 2015) kondisi yang berbeda terpantau di sana. Antrean panjang pemudik yang akan masuk kapal menahan pemudik lainya di pelabuhan hingga lima jam.

“banyak sekali pemudik yang datang ke pelabuhan, hampir lima jam mengantre akhrinya bisa masuk kapal,” ungkap salah satu penumpang kapal feri jurusan Merak – Bakauheni.

Kondisi tersebut diakuinya sudah menjadi resiko setiap kali perjalanan mudik lebaran tiba. Tentu banyak orang yang ingin pulang kampung untuk bertemu dengan sanak family mereka. Jadi banyak pemudik dari berbagai daerah yang berdatangan untuk mendapatkan akomodasi angkutan pulang.

Rahman, salah satu penumpang kapal mengatakan bahwa dia telah mengantre di Merak sejak kemarin pada pukul 08.30 WIB dan baru bisa naik ke kapal pada pukul 15.00 WIB. Dia tidak menyangka kalau antrean di pelabuhan Merak akan sepadat ini. Padahal menurut perkiraan pria yang akan mudik ke Lampung ini, pada H-3 lebaran bisa lebih lengang, tak tahunya kondisi antrean di Pelabuhan Merak malah semakin padat.

Calon penumpang kapal bukan hanya mereka yang melakukan perjalanan mudik dengan berjalan kaki, tetapi juga mereka yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan juga motor. Dari data Posko Mudik 2015 PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, jumlah keseluruhan penumpang dari H-7 hingga H-3 lebaran 2015 telah mencapai 162.169 orang. Sementara jumlah motor yang menggunakan jasa angkutan penyebarangan mencapai 3.455 unit dan mobil sebanyak 18.000 unit.

Petugas ASDP Merak sendiri telah berupaya semaksimal mungkin agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Armada kapal yang mereka miliki sedianya juga sudah dipersiapkan untuk para pemudik. Tetapi karena jumlah pemudik yang berdatangan di waktu yang sama maka terjadi penumpukan penumpang. Pihak ASDP sebelumnya telah menghimbau para pemudik agar tidak memilih jam keberangkatan pada malam hari. Sebab pada jam tersebut biasanya merupakan pilihan kebanyakan orang untuk melakukan perjalanan.

Leave a Reply